“Anak” Hasil Hubungan (Kerja Sama) Intel dan AMD Hadir, Bisa Main VR!

Intel MCP

Share

Setelah ditunggu sekian lama, akhirnya prosessor Intel dengan grafik Vega muncul juga. Chip hasil kolaborasi teknologi Intel dan AMD ini masih masuk dalam jajaran generasi ke-8 milik Intel, jadi mungkin tidak akan ada perubahan arsitektur yang mencolok. Dalam siaran persnya, bahkan dituliskan kalau prosessor ini memiliki fitur dan performa yang dibuat untuk gamers, pembuat konten, serta penggemar virual reality. Kalau benar bisa dipakai untuk Virtual Reality, berarti setidaknya performa gaming dari chip ini harusnya memumpuni untuk dapat bermain game sehari-hari.

Intel dan AMD

Beberapa perangkat yang meluncur dengan prosessor ini antara lain adalah laptop 2-in-1 terbaru dan ringan dari Dell dan HP serta NUC Intel terkuat yang pernah diperkenalkan. Terdapat 2 prosessor Intel Core Generasi ke-8 yang diperkenalkan, yaitu: (1) Prosessor Intel Core Generasi ke-8 dengan grafik Radeon RX Vega M GL yang memiliki Total Package Power 65W dan (2) Prosessor Intel Core Generasi ke-8 dengan grafik Radeon RX Vega M GH yang memiliki Total Package Power 100W serta dapat dioverclock.

Intel pertama kali memperkenalkan prosessor ini pada awal November. Prosessor yang hadir akan memiliki CPU 4 core 4 thread dengan grafik Radeon RX Vega M yang memiliki 4GB HBM2 Memory yang digabungkan dengan teknologi Embedded Multi-Die Interconnect Bridge (EMIB) milik Intel. EMIB berperan sebagai jembatan informasi berkecepatan tinggi yang menghubungkan antara GPU dan HBM2 serta memungkinkan memproduksi chip yang lebih tipis.

Dengan desain yang lebih tipis ini, OEM akan memiliki lebih banyak kebebasan untuk memproduksi perangkat yang tipis dan ringan. Apabila performa yang disampaikan memang seperti yang dijanjikan, bukan tidak mustahil lagi, akan hadir laptop gaming yang lebih tipis dan ringan.

Hal yang tidak kalah menarik lainnya adalah kenyataan hadirnya “anak” hasil hubungan (kerja sama) Intel dan AMD dalam sebuah chip. Bagaimanapun juga, tetap konsumenlah yang diuntungkan dengan pilihan produk yang akan lebih banyak.

Artikel Terkait: