Beli GPU Impianmu Sekarang, Harga GPU akan Naik di Tahun 2018

Harga GPU Naik

Share

Menurut media Taiwan, DigiTimes harga kartu grafik kelas menengah ke atas diprediksi akan naik berkisar $5-$20 akibat kenaikan biaya produksi yang diakibatkan oleh kurangnya suplai memori dan GPU.

Sejak permintaan kartu grafik meningkat dari aktivitas mining cryptocurrency dan ternyata permintaan di segmen ini tetap bertahan sehingga mengakibatkan persediaan yang tipis pada awal kuartal 2018.

Penyedia kartu grafik seperti Asustek Computer, Gigabyte Technology, dan Micro-Star Interntaional (MSI) sendiri mendapatkan keuntungan akibat peningkatan permintaan mining dan pengiriman mereka turun sedikit pada kuartal Q4-2017.

Sementara itu permintaan akibat upgrade GPU untuk memenuhi spesifikasi untuk memainkan game yang terkenal sekarang ini, PlayerUnknown’s Battlegrounds juga turut meningkatkan permintaan terutama dari konsumen Tiongkok akibat popularitasnya yang tinggi.

Penyedia kartu grafik sendiri memperkirakan bahwa pengiriman mereka akan turun pada Q1-2018 tapi profit dan margin keuntungan dari lini produk akan tetap meningkat akibat kenaikan harga.

GPU Harga Naik

Moral dari cerita di atas adalah kalau kalian memang ingin beli, sekarang waktunya karena kalau harganya sudah naik, kalian bakal menyesal. Lebih baik menyesal sudah membeli, dibanding menyesal gak membeli.

Di pasar Amerika Serikat, harga GTX 1070 Ti yang diluncurkan di kisaran harga $380 sekarang ini sedang menyentuh harga $900 dan harga GTX 1080 sudah lebih dari $1000. GTX 1060 sendiri masih di bawah $300 tapi mulai meningkat.

Penulis perkirakan mungkin ini akibat GPU sekelas Vega sudah mulai dibenamkan pada chip, jadi secara tidak langsung juga akan mempengaruhi permintaan pasar. Anehnya, kenapa manufaktur tidak meningkatkan produksi? Tentu langkah pemerintah Tiongkok untuk memeriksa kemungkinan ada permainan akan sangat membantu.

Artikel Terkait: