Enmotus FuzeDrive Siap Mempercepat Sistem AMD Ryzen (dan Threadripper juga!)

AMD Enmotus FuzeDrive

Share

Hari ini, AMD pada blognya memposting buah hasil kerjasama mereka dengan Enmotus dengan produknya FuzeDrive. Bagi kalian yang penasaran, Enmotus adalah perusahaan yang berfokus enterprise di bidang solusi software untuk mengoptimalkan performa. FuzeDrive sendiri adalah software berbayar yang bekerja dengan cara mengagregasi semua memory sistem pengguna (RAM, HDD, SSD, NVMe) dan menampilkannya sebagai sebuah drive tunggal dengan bantuan software. Hal ini bertujuan untuk mengoptimisasi penempatan data berdasarkan kebutuhan baca/tulis dengan membuat cache pada media penyimpanan yang cepat berdasarkan pola pengguna.

Sederhananya, kalau kalian pernah dengar Intel Optane Memory, cara kerjanya mirip dengan FuzeDrive. Tapi kalau Intel Optane Memory membutuhkan M.2 dari Intel. FuzeDrive dapat digunakan pada kombinasi HDD dan SSD apapun yang ada di pasar. Tapi, FuzeDrive harus ditebus dengan harga $19,99 jadi mungkin akan mengurungkan sebagian orang.

Syarat yang diperlukan untuk menggunakan FuzeDrive, pertama sudah pasti prosessor desktop Ryzen (untuk prosessor mobile belum ada pernyataan resmi AMD), serta chipset AMD B350, X370, dan X399. Jadi untuk kalian yang memiliki chipset AMD A320 harus menggigit kuku (setidaknya untuk sekarang).

Langsung kita gambarkan saja ya, andaikan kamu punya 1 HDD dan 1 SSD dengan solusi dari Enmotus FuzeDrive keduanya akan digabungkan menjadi satu sehingga sistem operasi akan mendeteksi hanya satu drive saja. Di belakang layar, software akan mempelajari pola penggunaan sehingga akan menempatkan file yang sering di akses di media penyimpanan yang lebih cepat (SSD) dan file yang jarang digunakan pada HDD.

Pada salah satu slide presentasinya, AMD bahkan berani memberikan grafik peningkatan performa hingga 931% pada saat membuka Adobe Photoshop. Sedangkan pada terdapat peningkatan 119% pada saat membuka game Doom.

Enmotus FuzeDrive

Belum ada yang memberi tahu cara kerja resmi dari Enmotus FuzeDrive. Tapi menurut penulis cara kerjanya mungkin akan seperti Intel Optane yang akan melakukan “cache” file yang sering digunakan. Aplikasi besar seperti game mungkin tidak akan mengalami peningkatan yang signifikan mengingat banyak file yang perlu diakses pada kondisi yang berbeda. Tapi sekali lagi hanya pendapat, sampai nanti ada yang menguji kebenaran ini.

Artikel Terkait: