top banner ulasan top banner ulasan

GPU Diskrit di Laptop Sebentar Lagi Tinggal Sejarah, Nvidia MX 150 kalah Lawan Intel Core i7-8705G

Dell XPS 15 2-in-1

Share

Tentu masih hangat-hangatnya berita mengenai anak hasil (kerja sama) Intel dan AMD yang menggabungkan chip Intel Core Generasi ke-8 dengan grafik AMD Radeon RX Vega M GL. Sedikit berbeda dengan APU Ryzen yang harus “membagi” memory dengan RAM. AMD Radeon RX Vega M GL yang ditanam bersamaan dengan chip Intel ini memiliki memory HBM2 4GB yang terdedikasi.

Tidak perlu waktu lama ada, sahabat HotHardware menguji chip Intel Core i7-8705G pada Dell XPS 15 2-in-1 dengan spesifikasi 4 core 8 thread pada clock 3,1 GHz dan mampu melakukan boost hingga 4,1 GHz. Semuanya dipasangkan dengan memory 16 GB DDR4, serta NVMe SSD dan pastinya grafik Radeon RX Vega M GL.

Intel Core i7-8705G

Pada resolusi 1920×1080, laptop Dell ini mampu mempertahankan frame rate rata-rata pada game Rise of The Tomb Rider berkisar 35 fps pada kualitas gambar High dan pada kualitas Very High dapat berjalan hingga 29,69 fps. Mengingat performa tersebut dihasilkan dari sebuah chip, tentu mengejutkan dan juga mengingat game Rise of The Tomb Rider masih menjadi salah satu game yang cukup untuk menguji performa game.

Nvidia GeForce MX150 Acer Swift 3

Dibandingkan dengan laptop Acer Swift 3 yang menggunakan Intel Core i7 generasi ke-8 yang disandingkan dengan Nvidia GeForce MX 150 pada preset High yang “hanya” mampu mengeluarkan 23,56 FPS. Sepertinya chip terbaru dari Intel ini memiliki masa depan yang cukup cerah. Terutama di tengah harga GPU yang meroket, chip dengan grafik terintegrasi yang memumpuni sepertinya akan menjadi tren di masa yang akan datang.

Artikel Terkait: