Harga Chip Memory Turun, Konsumen Senang tapi Investor Ketakutan

DDR4 DRAM

Share

Setelah satu setengah tahun harga Memory terus meningkat, tiba-tiba harga turun yang diikuti oleh perkiraan mengecewakan oleh Samsung Electronics dan kawan-kawan lainnya. Hal ini membuat kecewa banyak investor yang mempertaruhkan asset mereka yang memperkirakan bahwa peningkatan harga chip akan berlangsung setidaknya hingga satu tahun ke depan. Penurunan harga chip memory diperkirakan akan berdampak langsung dengan keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan.

Penurunan sebesar 5% pada Q4 2017 mungkin tidak terlihat signifikan mengingat harga yang melambung tinggi hingga membuat memory DDR4 meningkat hingga hampir dua kali lipat. Tapi kemungkinan penurunan harga 5% tersebut masih akan membutuhkan waktu hingga akhirnya dapat dinikmati oleh konsumen.

Besarnya penurunan tersebut juga membuat analis industri untuk mengkaji ulang perkiraan keuntungan pada 2018 dan diperkirakan akan menurunkan pertumbuhan industri memori hingga setengahnya, yaitu 30%. Yap, mengingat pertumbuhan industri 30% sudah cukup tinggi tapi awalnya perkiraan pertumbuhan adalah 60%. Jadi dengan angka tersebut mungkin kalian bisa membayangkan besarnya industri memory sekarang.

Berita tersebut membuat saham Samsung turun 7,5% pada minggu lalu, sementara SK Hynix turun 6,2%. Meskipun begitu, analis memperkirakan bahwa tidak akan terjadi penurunan besar secara tiba-tiba dan 2018 akan tetapi menjadi tahun yang stabil bagi pembuat chip. Mengingat smartphone membutuhkan memory serta rata-rata peningkatan kapasitas DRAM yang meningkat berkisar 38% dibandingkan dengan Q2 2016.

Harga Memory DRAM Samsung Electronics
Memory DRAM SK Hynix Share

Garis bawahnya adalah mungkin harga memory tidak akan terus melambung tinggi. Jika kalian sudah membaca berita mengenai kenaikan harga GPU yang penulis sarankan untuk membeli GPU selagi masih terjangkau, mungkin tahun ini kalian bisa membeli DRAM dengan harga yang lebih terjangkau. Satu-per-satu komponen dikumpulkan baru nanti dirakit.

Artikel Terkait: