Inilah Spesifikasi APU AMD Raven Ridge, Ryzen 3 2200G dan Ryzen 5 2400G

AMD Raven Ridge

Share

Seperti yang kita tahu hanya tinggal hitungan minggu lagi, chip penyelamat gamers PC akan hadir. Mengingat harga GPU yang semakin liar, pastinya APU Raven Ridge AMD akan jadi alternatif menarik bagi banyak orang karena selain dipasangkan dengan CPU Ryzen yang sudah dikenal kehandalannya di pasangkan juga dengan GPU Vega kebanggan AMD.

AMD Raven Ridge Ryzen 3 2200G Ryzen 5 2400G

Dari tabel tersebut kalian bisa lihat kalau sepertinya APU Raven Ridge akan menghadirkan peningkatan performa yang cukup diperhitungkan dibandingkan dengan CPU Ryzen yang sudah beredar. Mulai dari Base Clock dan Turbo Speed yang lebih tinggi dan juga dukungan Memory Speed yang lebih tinggi. Tapi sudah pasti yang jadi bintangnya adalah GPU yang tertanam di dalam chip. Ryzen 3 2200G akan tertanam GPU Vega 8 dengan 512 SP yang berjalan dengan clock hingga 1100 MHz dan Ryzen 5 2400G akan tertanam GPU Vega 11 dengan 704 SP yang berjalan dengan clock hingga 1250 MHz.

Dari beberapa bocoran sebelumnya performa yang dihadirkan APU AMD sepertinya cukup menjanjikan dan game-game ringan eSports seperti CS:GO, DoTA 2, dan Overwatch diperkirakan akan dapat dimainkan dengan frame rate yang dirasa cukup memadai.

Penulis hanya berharap peluncuran APU Raven Ridge kali ini tidak akan dinodai dengan kenaikan harga seperti yang dialami pada Radeon RX Vega. Bahkan, opini penulis ini APU bisa menggantikan atau bahkan menghilangkan posisi RX 550. Bayangkan kalau Ryzen 3 2200G diluncurkan $99, tapi kita asumsikan dijual di Indonesia harganya Rp 1,8 juta. Masih jadi pilihan yang lebih menarik dibandingkan harus membeli AMD Athlon dan RX 550. Mungkinkah sekali lagi AMD akan membawa produk yang lebih ramah ke kantong? Kita lihat saja nanti pada saat diluncurkan tanggal 12 Februari 2018.

Artikel Terkait: