Intel Bertindak! Kecacatan Ini Bukan Hanya Ada di Prosessor Intel, Tapi Kenyataan Berkata Lain

Intel

Share

Baru saja kemarin (3 Januari 2018), Intel mengeluarkan pernyataan resminya terhadap press mengenai permasalahan yang dihadapi oleh prosessor x86 milik Intel. Kalian bisa baca artikel lengkapnya di sini. Dijabarkan secara singkat, semua prosessor Intel x86 yang ada di konsumen sekarang memiliki memory leak sehingga sebuah Virtual Machine dapat mengakses data Virtual Machine lainnya yang ada pada komputer yang sama. Jadi kalau pada sebuah sistem ada 3 VM, mereka dapat mengakses data antara VM. Sedangkan tujuan dari dibuatnya VM salah satunya adalah agar terbentuk sandbox yang membuat setiap VM unik dan tidak bisa saling mengakses.

Prosessor Intel untuk Datacenter

Pada pernyataan Intel seperti yang penulis kutip dari press release, “laporan baru-baru ini yang menyatakan bahwa kecacatan yang diakibatkan oleh ‘bug’ atau ‘cacat’ adalah unik pada produk Intel tidaklah benar”. Seakan panik akan masalah ini, Intel menambahkan kalimat, “Berdasarkan analisis terbaru, banyak jenis dari perangkat komputasi – dari berbagai penyedia prosessor dan sistem operasi – semua terancam terkena kecacatan ini.”

Di kalimat tersebut seakan-akan Intel tidak ingin sendirian mengalaminya, mereka mengajak penyedia prosessor lainnya yang sudah pasti kalian ketahui, yaitu AMD dan ARM. Di kalimat selanjutnya Intel menuliskan “Intel berkomitmen kepada produk kami dan keamanan penggunanya dan sedang bekerja dengan banyak perusahaan teknologi lainnya, termasuk AMD, ARM Holdings, dan beberapa penyedia sistem operasi untuk mengembangkan sebuah pendekatan skala industri sehingga dapat menyelesaikan masalah secepatnya.”

Di sini Intel berusaha membuat citra dirinya sedang menghadapi masalah yang menurut mereka berdampak luas. Tapi ternyata pernyataan pers AMD berkata berbeda, mereka mengklaim bahwa prosessor mereka aman karena memiliki arsitektur yang sangat berbeda dari pesaingnya.

Penulis pikir mungkin ini jadi pelajaran bagi Intel karena dalam beberapa tahun belakangan ini mereka hampir tidak merombak habis arsitektur mereka. Sehingga kejadian ini mempengaruhi banyak lini produk mereka. Ingat, kalau ini terjadi akibat permasalahan arsitektur, maka generasi selanjutnya pasti akan mengalami hal yang serupa kalau Intel tidak segera memperbaiki masalah ini. Tapi kalau kalian tidak menggunakan VM sehari-hari tentu tidak akan berdampak apapun.

Artikel Terkait: