top banner ulasan top banner ulasan

Intel dan AMD Semakin Erat, Nvidia Berusaha Merebut Hati Intel lagi dengan GTX 1050 Ti Max-Q

Nvidia GeForce GTX 1050 Ti Max-Q

Share

Di awal tahun ini, Intel memberikan banyak kejutan, baik kejutan positif dengan diluncurkannya hasil kolaborasi prosessor Intel dengan GPU AMD serta kejutan negatif dengan permasalahan mengenai cacat desain untuk banyak lini prosessor milik mereka. Tapi kita coba ambil positifnya, penulis tidak mengira bisa melihat Intel dan AMD saling bekerja sama untuk menghasilkan sebuah produk dengan performa yang sepertinya sangat menjanjikan. Tapi, setelah Intel dan AMD bekerja sama, tinggallah Nvidia sendirian berusaha merebut hati Intel.

Bukan rahasia umum lagi, kalau kita berbicara mengenai raw performance tanpa mempertimbangkan harga, hanya ada dua vendor yang banyak dipercaya masyarakat: Intel untuk urusan prosessor serta Nvidia untuk urusan pengolahan grafis. Banyak produk AiO PC, Mini PC, laptop yang menggunakan kombinasi prosessor Intel dan grafis Nvidia karena alasan yang sederhana: kombinasi yang memberikan performa memumpuni dengan harga yang masih dapat diterima masyarakat. Tapi setelah Intel bekerja sama dengan AMD, Nvidia seakan mulai kehilangan “kawan setia” mereka yang telah terjalin cukup lama. Sekarang setelah Intel mengeluarkan kombinasi prosessor Intel Core dengan grafik Radeon RX Vega M GL yang digabungkan dengan teknologi Intel EMIB memungkinkan laptop Ultrabook memiliki performa yang relatif lebih tinggi dengan konsumsi daya yang lebih rendah.

Tapi, sekarang ini Nvidia tidak memiliki grafik yang “cukup murah” tapi bertenaga untuk melawan RX Vega M GL. Sehingga membuat Nvidia mengeluarkan GeForce GTX 1050 Ti Max-Q. Untuk urusan performanya diperkirakan akan memiliki performa di antara GTX 1050 Ti (Mobile) dan GTX 1050 (Mobile). Di tabel yang ditunjukkan oleh situs NotebookCheck kalian bisa melihat perkiraan posisi GeForce GTX 1050 Ti Max-Q.

Nvidia GeForce GTX 1050 Ti Max-Q

Dengan adanya GTX 1050 Ti Max-Q Nvidia sepertinya berharap bahwa laptop yang akan hadir selanjutnya akan memiliki performa yang sama atau setidaknya melebihi RX Vega M GL tapi dengan harga yang lebih terjangkau. Belum ada pernyataan resmi dari Nvidia mengenai hal ini, tapi melihat dari rilis driver Linux versi 384.111 kita bisa melihat bahwa Nvidia sudah mulai menambahkan dukungan GeForce GTX 1050 Ti Max-Q.
Nvidia GeForce GTX 1050 Ti Max-Q

Artikel Terkait: