Menyadari Kesalahan Mereka, Microsoft Menarik Update Intel Spectre dan Meltdown

Meltdown dan Spectre

Share

Beberapa laporan yang menitik beratkan pada beberapa masalah pada respon software dan microcode Intel saad menghadapi kerentanan Spectre dan Meltdown akhirnya semakin sulit terbendung. Sehingga membuat Intel sendiri maju dan mengakui bahwa masalah tersebut ada dan benar serta meminta pengguna untuk tidak melakukan update tersebut. Tapi pada press release Intel tidak disebutkan dengan jelas mengenai tata cara “pengembalian” update untuk mengembalikan stabilitas sistem mereka. Sehingga Microsoft akhirnya turun tangan dengan mengeluarkan update Windows KB4078130 yang secara spesifik mematikan pencegahan terhadap CVE-2017-5715 – “Branch target injection vulnerability.”

Windows Update Spectre Meltdown Rollback

Pada pengujian yang dilakukan Microsoft, update tersebut menjadi hal yang dikaitkan dengan masalah stabilitas pada sistem yang mendapatkan update tersebut sedangkan yang tidak melakukan update terhindar dari masalah yang muncul. Microsoft juga menambahkan kemampuan bagi penggunanya untuk memilih menyalakan atau mematikan pencegahan yang bermasalah tersebut sendiri secara manual melalui perubahan registry. Microsoft sendiri mengambil langkah cepat dengan bekerja sendiri setelah langkah Intel yang dinilai gegabah dalam memberikan keamanan bagi CPU mereka.

Dan sepertinya permasalahan Spectre dan Meltdown masih akan terus berlanjut hingga akhirnya Intel mengeluarkan prosessor generasi selanjutnya yang dikabarkan akan memiliki mikro-arsitektur baru sehingga akan terhindar dari masalah yang ada.

Artikel Terkait: