Pembuat Chip Terbesar di Dunia Turun Gunung di Dunia Cryptomining

Samsung Chip

Share

Siapa yang tidak mengenal Samsung? Sukses dengan smartphone seri Galaxy mereka, sukses dengan media penyimpanan NVMe mereka yang bisa dibilang adalah yang tercepat untuk kalangan konsumer dan prosumer sekarang ini. Dan baru-baru ini didaulat sebagai produsen chip terbesar di dunia setelah mengambil posisi tersebut dari Intel. Bingung? Jangan bingung karena chip yang diproduksi bukan hanya prosessor tapi chip DRAM maupun NAND yang pasti digunakan oleh setiap smartphone di dunia serta digunakan pada beberapa komponen PC.

Dilaporkan kalau Samsung telah memastikan kehadiran mereka dalam membuat hardware yang memiliki spesialisasi “menggaruk” mata uang digital (cryptocurrency) seperti Bitcoin dan Ethereum. Juru bicara perusahaan bahkan berkata kepada TechCrunch: “Bisnis percetakan Samsung sedang melakukan produksi chip mining khusus untuk cryptocurrency. Tapi kami tidak dapat memberikan info lebih lanjut mengenai pembeli kami.”

ASIC Cryptomining

Chip tersebut akan digunakan untuk ASIC atau application-specific integrated circuits. ASICS sendiri adalah prosessor yang telah didesain secara khusus untuk melakukan satu dan hanya satu tugas yang telah didesain sebelumnya dan dalam kasus ini adalah cryptomining.

Penulis pikir ini mungkin jawaban Samsung mengenai kenaikan harga komponen akibat miner, jadi kenapa tidak sekalian saja dibuat alat khusus untuk mining jadi konsumen akan berpindah dari sebelumnya menggunakan part PC menjadi menggunakan ASIC. Tapi mungkin juga ini hanya langkah Samsung untuk mendapatkan uang lebih mengingat tren cryptocurrency semakin meningkat akhir-akhir ini.

Artikel Terkait: