Prosessor AMD Ryzen Pinnacle Ridge Meluncur Bulan Maret 2018


Share

Setelah rumor-rumor yang beredar, akhirnya semakin jelas juga waktu peluncuran Prosesor Generasi ke-2 Ryzen yang memiliki kode nama Pinnacle Ridge. Prosessor tersebut dipastikan akan diluncurkan bersamaan dengan chipset AMD seri-400. Retailer di Jepang, berdasarkan sumber supplier, memperkirakan AMD akan meluncurkan Ryzen # seri-2000 (atau singkatnya Ryzen 2) di bulan Maret 2018 bersamaan dengan chipset kelas menengah AMD B450. Chipset seri-300 dan seri-400 memiliki pembeda pada PCI-e gen 3.0 General Purpose Lanes yang secara sederhananya di motherboard seri-400 akan memiliki lebih banyak slot M.2 yang mendukung NVMe serta kemungkinan adanya lebih banyak I/O seperti USB 3.1 Gen 2. Sedangkan prosessor Pinnacle Ridge adalah pengecilan ukuran dari Summit Ridge yang sudah ada sehingga memungkinkan AMD untuk meningkatkan clock speed tanpa (atau sedikit) penambahan daya.

AMD Ryzen Pinnacle Ridge

AMD Ryzen 2 tersebut masih akan tetap menggunakan socket AM4 dan dipastikan akan bisa dipakai pada motherboard AM4 seri-300 yang sudah beredar selama ini. Tentunya motherboard tersebut harus sudah diperbarui BIOS oleh vendor masing-masing. AMD sendiri berencana untuk tetap menggunakan soket AM4 hingga tahun 2020. Motherboard AMD seri-400 sendiri juga bisa dipasangkan dengan prosessor Ryzen Summit Ridge dan dipastikan akan bisa langsung menggunakan APU Ryzen Raven Ridge.

Tahun 2018 ini mungkin produk Ryzen akan “hanya” mengalami peningkatan sedikit, kalau kita ambil history dari Intel, pengecilan arsitektur setiap tahunnya memungkinkan penambahan performa sekitar 10% akibat peningkatan clock prosessor. Jadi mungkin nanti harga Ryzen Summit Ridge akan terpangkas lebih murah dengan performa berbeda tipis atau skenario buruknya, harga Ryzen Pinnacle Ridge akan dipatok lebih tinggi dan Summit Ridge akan sama. Kita lihat saja nanti tren pasar bergerak. Penulis sendiri lebih menunggu APU Ryzen Raven Ridge, apakah APU ini bisa memainkan game terbaru tanpa GPU tambahan.

Artikel Terkait: