Prosessor Intel Coffee Lake Gelombang ke-2 Datang, Pentium Menggantikan Posisi Intel Core i3 + Harganya

Intel

Share

Prosessor Intel Core generasi ke-8 atau yang sering disebut dengan nama Coffee Lake akan semakin meriah dengan hadirnya lini tambahan di gelombang ke-2 ini. Seperti yang kita ketahui, tahun 2017 menjadi tahun yang sangat berat bagi Intel setelah lebih dari satu dekade terakhir ini hampir tidak memiliki saingan sampai akhirnya AMD membawa Ryzen yang memiliki jumlah core hingga dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan prosessor Intel. Meskipun dalam performa dalam permainan performa prosessor Intel bisa lebih unggul dibandingkan pesaingnya, tapi harga yang ditawarkan pesaing lebih kompetitif sehingga membuat banyak orang yang baru membuat PC memilih Ryzen.

Prosessor Intel Core Pentium Celeron Generasi ke-8 Coffee Lake

Sederet prosessor terbaru yang hadir mulai dari lini Celeron, Pentium dan Core series. Pada generasi ke-8, Intel memutuskan untuk memulai lini Core series terendah, yaitu Intel Core i3 dengan konfigurasi 4 core 4 thread agar bisa bersaing dengan Ryzen 3 yang memiliki konfigurasi yang sama. Sehingga kali ini lini Pentium series, seperti G5400, G5500, dan G5600 akan mengisi kekosongan tersebut dan “naik pangkat” dari segi harga secara berturut-turut $97, $127, dan $142. Sehingga membuat harga Pentium “Coffee Lake” memiliki harga dan konfigurasi hampir sama dengan Intel Core i3 “Kaby Lake”. Jadi jangan lagi berharap ada prosessor Intel Pentium dengan harga bersahabat di kantong, karena posisi tersebut sekarang diisi oleh Celeron series.

Seingat penulis, semakin teknologi berkembang seharusnya semakin murah dan mudah diperoleh, tapi sejak tahun lalu sepertinya persepsi tersebut berubah mengingat harga setiap komponen PC meningkat, mulai dari RAM, SSD, beberapa jenis Prosessor, dan GPU. Membuat teknologi semakin susah diakses oleh banyak orang. Hingga saat ini mungkin penulis lebih berahap dengan lini APU Ryzen yang memungkinkan pengguna membuat sistem yang lebih terjangkau dengan performa memumpuni.

Artikel Terkait: