top banner ulasan top banner ulasan

Spesifikasi Prosessor Gabungan Intel dan AMD Bocor Lagi, Ada Dual IGP

Intel MCP

Intel menampilkan spesifikasi multi-chip module gabungan Intel Kaby Lake dan AMD Vega, Core i7-8809G di situs resminya. Banyak dari spesifikasi tersebut telah terendus di Futuremark Systeminfo, tapi di situs resmi tersebut terdapat fitur kunci yang sedikit orang tahu, yaitu dual integrated graphics. Di spesifikasi tersebut dikonfirmasikan bahwa chip tersebut menggabungkan CPU Kaby Lake 4 core 8 thread dengan grafik AMD Radeon RX Vega M GH. CPU di clock pada 3,1 GHz dan SystemInfo mengkonfirmasi frekuensi Turbo Boost hingga 3,9 GHz dengan L3 cache hingga 8 MB. Memory clock secara default diatur pada DDR4-2400 dan yang paling mengejutkan ternyata CPU di dalamnya dalam kondisi unlocked atau bahasa sederhananya dapat di Overclock.

AMD Intel MCM MCP dual IGP

Balik ke solusi dual IGP yang ada di dalam chip ini. Jangan terlalu senang karena dual IGP yang dimaksud di sini adalah 1 chip AMD Radeon RX Vega M GH, serta Intel HD Graphics 630 yang terletak pada die CPU Kaby Lake. Mungkin ini salah satu cara Intel untuk menekan biaya R&D dengan mendaur ulang chip Kaby Lake yang ada dibandingkan harus mendesain ulang CPU baru lagi dari awal. Kelebihan dari solusi ini adalah mungkin akan ada software yang mampu menyeimbangkan beban antara HD 630 dan RX Vega M GH.

TDP yang ditawarkan bisa dibilang relatif tinggi untuk kelas mainstream, tapi tidaklah mengejutkan mengingat satu paket chp tersebut akan hadir dengan 2 iGP dan 1 CPU. Intel sendiri menuliskan “target package TDP” sebesar 100W, tapi teknisnya belum ada cara scientific untuk mengukur TDP pada modul multi-chip. Perlu dipertimbangkan juga CPU yang ada bisa dioverclock, jadi TDP yang ada tentu bisa jauh lebih besar. Ukuran chip ini mungkin akan berubah. Penulis perkirakan ukurannya akan jadi lebih besar, jadi CPU cooler Intel yang ada selama ini diperkirakan tidak bisa dipakai lagi. Intel diperkirakan akan menjual chip ini untuk NUC milik mereka serta kepada manufaktur mini-PC lainnya.

Spesifikasi RX Vega M GH mungkin yang jadi misteri sesungguhnya. Tapi untuk sekarang, kalian harus puas dengan info 4GB HBM2 1024-bit dengan frekuensi 800 MHz (bandwidth 204,8 GB/s) dengan GPU engine clock 1,19 GHz. Kalau benar chip ini memiliki performa seperti Radeon RX 570 4GB, chip ini bisa jadi solusi gaming entry-level. Mengingat harga GPU yang melambung, teorinya membeli secara “paketan” CPU dan GPU dalam satu chip akan menekan harga produksi. Tapi untuk performa lengkapnya, tentu harus sabar sampai ada ulasan lengkapnya.

Artikel Terkait:

Share