Tidak Hanya Broadwell dan Haswell Hampir Semua Prosessor Intel Terkena BSOD setelah Update Meltdown dan Spectre

Intel

Share

Sekali lagi Intel dibuat pusing dengan permasalahan yang dimunculkan akibat Spectre dan Meltdown ditemukan pada prosessor buatan mereka. Satu masalah coba diselesaikan, tapi penyelesaian tersebut menghasilkan masalah lainnya yang lebih kompleks. Hal tersebut tentu akan membuat orang yang ditugasi menyelesaikan penat, dan itulah yang terjadi pada Intel sekarang. Setelah mereka melakukan update firmware untuk mengatasi Meltdown dan Spectre, banyak muncul laporan sistem yang menggunakan prosessor Broadwell dan Haswell mengalami reboot berulang dan tidak sering berujung pada Blue Screen of Death (BSOD). Tapi ternyata setelah analisa lebih lanjut pada laporan pengguna mereka, Intel mengakui bahwa update yang diluncurkan tersebut juga berdampak pada sistem yang menggunakan arsitektur Kaby lake, Skylake,Ivy Bridge, dan Sandy Bridge.

Intel Meltdown Spectre

Mengingat pasar prosessor pada hampir 2 dekade terakhir dikuasai Intel, sudah pasti jumlah laporan masuk mengenai permasalahan ini akan sangat banyak. Meltdown dan Spectre sendiri diketahui menjangkit semua prosessor Intel 20 tahun terakhir sehingga dapat dipastikan semua sistem Intel akan mengalami hal serupa.

Tapi, sebagai perusahaan yang baik tentu Intel sedang berusaha keras untuk meluncurkan update firmware tambahan untuk memperbaiki permasalahan tersebut. Vendor motherboard seharusnya sudah memiliki update tersebut dalam waktu dekat. Sebagai pengguna, kalian bisa tunggu di situs resmi vendor motherboard kalian untuk mendapatkan update BIOS.

Penulis sendiri juga sulit untuk menyarankan kalian untuk melakukan pembaruan keamanan dalam waktu dekat. Seperti buah simalakama, jika kalian tidak update tentu kalian akan terpapar masalah keamanan, tapi kalau kalian update sistem kalian sekarang besar kemungkinan akan mengalami permasalahan seperti BSOD. Jika kalian masih termasuk dalam golongan pengguna biasa, disarankan untuk melakukan update firmware saat sudah dipastikan stabilitas dan reliabilitasnya.

Artikel Terkait: