top banner ulasan top banner ulasan

Unplug and Play: Corsair Menghilangkan Kabel di Peralatan Gaming Mereka (CES 2018)

Corsair CES 2018 Unplug and Play

Kali ini Ulasan berkesempatan untuk datang ke booth atau mungkin lebih pas disebut suite (satu ruangan masalahnya) di CES 2018. Banyak komponen baru yang diperkenalkan Corsair di suite miliknya kali ini yang sudah pasti gak jauh-jauh dari peralatan gaming.

Corsair di CES 2018 kali ini akhirnya membawa pengalaman wireless di perangkat gaming mereka. Sudah banyak keyboard atau mouse wireless di luar sana? Tapi kebanyakan tidak cocok buat main game karena response timenya besar, jadi bayangin kamu liat musuh di pojok layar, tangan sudah gerak, tapi ternyata pemain baru bergerak beberapa mili detik kemudian, pastinya gak ideal kalau ketemu gamers jago.

Ada 4 produk yang menggunakan teknologi wireless Corsair Unplug and Play, yaitu Wireless Mechanical Keyboard K63, Wireless Gaming Lapboard K63, Wireless Gaming Mouse Dark Core RGB, dan Qi Charging Wireless Mouse Pad MM1000.

Corsair CES 2018 Wireless Mechanical Keyboard K63

Mulai dari Wireless Mechanical Keyboard K63, Keyboard ini masuk dalam kategori TKL (Ten-Key-Less) alias gak ada number pad di bagian kanannya. Keyboard ini, sesuai nama lengkapnya sudah pasti wireless. Pilihan wireless yang digunakan adalah wireless 2,4 GHz dengan response time 1ms, bluetooth, dan kabel USB. Menurut Team Ulasan, Idealnya Keyboard menggunakan kabel USB karena selain reliabilitasnya, tidak perlu repot mencharging atau mengganti baterai. Tapi kalau memang beli karena teknologi wirelessnya, Team Ulasan menyaarankan memakai USB Doongle untuk memanfaatkan frekuensi 2,4 GHz yang memiliki latensi super rendah 1ms. Bluetooth meskipun bisa jadi pilihan, tapi mengingat teknologi bluetooth lebih untuk general purpose dan tidak dioptimisasi untuk gaming kalian yang sensitif akan merasakan adanya input lag tambahan.

Untuk masalah umur baterainya, Corsair mengklaim keyboard K63 bisa dipakai bertahan 75 jam. Tapi balik lagi, kalau kalian suka RGB yang hingar-bingar akan menurunkan waktu pakai keyboard dalam keadaan wireless. Iya, keyboard ini ada RGB nya, kalau peralatan gaming sekarang gak ada RGB kayaknya belum bisa pasang kata gaming. Untuk mengatur pencahayaannya, balik lagi ke software andalan mereka, Corsair Utility Engine.

Corsair CES 2018 Gaming Mouse Dark Core RGB SE

Mouse Dark Core, yang diperkenalkan kali ini ada 2 versi, yang biasa dan yang bisa wireless charing dengan nama Dark Core SE keduanya mendukung hingga 16.000 DPI. Perbedaannya sepertinya hanya ada di kemampuan wireless charging. Nah langsung aja dibahas sama-sama dengan Qi Charging Wireless Mouse Pad MM1000 karena percuma kalau kalian punya Qi Charging Mouse tapi gak bisa ngecas wireless.

Corsair CES 2018 Gaming Mouse Dark Core RGB SE Wireless Charging Mouse Pad with Qi Spot

Kalau produk ini digabungin, mungkin sudah ada ada brand lain yang melakukannya tapi secara konsep berbeda. Kalau di produk Brand lain teknisnya semua bagian mouse pad adalah tempat charging, jadi setiap kalian pakai kalian sekalian charging mouse. Tapi Mousepad dari Corsair (mulai sekarang kita sebut MM1000) hanya memiliki satu spot untuk wireless Qi charging, yang mereka sebut Qi Spot. Qi Spot ini mampu mengalirkan hingga 2 ampere sehingga teknisnya mengecas akan lebih cepat dibandingkan wireless Qi charging biasa. Kedua adalah, berbeda dengan Brand Lain yang seluruh bagian mousepad bisa charging, Corsair memutuskan untuk hanya menaruh satu lokasi, dari perspektif teknis, pasti lebih efisien dalam memberikan daya, dibandingkan menaruhnya pada seluruh bagian mousepad yang berarti membutuhkan energi yang lebih banyak serta lebih banyak yang terbuang. Tapi yang harus diingat, saat selesai bermain pastikan Mouse ditaruh di Qi Spot agar saat diperlukan bisa langsung dipakai.

Corsair CES 2018 Dark Core RGB SE Lapboard Wireless Mechanical Keyboard K63

Di tahap ini mungkin ada yang bertanya, Lapboard itu seperti apa? Masih inget Lapdog dari Corsair? Lapboard adalah pengembangan dari Lapdog. Kali ini mereka membawa konsep yang sama dengan nama Lapboard yang kali ini juga digabungkan dengan teknologi wireless jadi teorinya Lapboard bisa dipakai tanpa kabel. Cocok untuk HTPC yang sering kali jarak antara TV ke penggunanya jauh.

Artikel Terkait:

Share