top banner ulasan top banner ulasan

Update Keamanan untuk Menghindari Meltdown & Spectre Disebar, Performa SSD Turun Drastis

Spectre Meltdown

Untuk mengatasi masalah keamanan pada eksekusi memory, Intel dan Windows memberikan update keamanan untuk mencegah hal terburuk terjadi. Banyak yang menyebutkan bahwa update ini akan mempengaruhi performa prosessor, tapi nyatanya performa prosessor hanya berdampak sedikit, dan lebih berdampak pada performa media penyimpanan, dalam hal ini SSD.

Hal ini dibahas oleh Hilbert Hagedoorn dari guru3d dan Steve dari channel YouTube Hardware Unboxed. Pada performa yang diuji oleh Hilbert menggunakan Samsung 960 Pro 2TB penurunan performa baca-tulis 4KB Q32T1, sebelum patch diberikan performa baca 634,3 MB/s dan turun menjadi 410,4 MB/s setelah patch, sedangkan performa tulis turun jadi 551,8 MB/s menjadi 369 MB/s. Kalau kalian bingung, performa 4KB itu lebih berpengaruh dibandingkan kecepatan baca-tulis dalam kejadian sehari-hari karena aktivitas baca-tulis data berukuran kecil-lah yang paling sering terjadi di belakang layar dan saat membuka aplikasi.

Meltdown Spectre Vulnerability Bugs

Belum ada pernyataan resmi dari Samsung mengenai kejadian ini, tapi menurut penulis hal ini terjadi akibat kemampuan “memprediksi” memory dibatasi setelah update, sehingga sistem harus membaca ulang semuanya dari media penyimpanan setiap saat.

Banyak juga yang berkata bahwa performa permainan multiplayer berpengaruh, tapi menurut penulis hal ini terjadi akibat permasalahan performa di sisi server karena berdasarkan benchmark yang dilakukan oleh Steve dari Hardware Unboxed, penurunan performa sangat kecil dan cenderung bisa diabaikan. Alasan penulis, menulis masalah ini akibat dari sisi server karena setelah update keamanan ini, besar peluang performa baca-tulis server menurun yang berdampak pada waktu yang diperlukan server untuk mengakses semua data yang dibutuhkan sehingga bisa disajikan ke client.

Akhir cerita, dampak terbesar dari update keamanan kali ini adalah di pihak enterprise, sedangkan pihak konsumen mainstream hampir tidak berdampak dalam kegiatan sehari-hari.

Artikel Terkait:

Share