$10 untuk Tambahan Save Slot di Metal Gear Survive, Konami kalian serius?

Metal Gear Survive

Share

Konami sepertinya terus mencoba melakukan milking dari seri Metal Gear dengan judul terbarunya adalah Metal Gear Survive. Bagi mereka yang mengenal karakter Snake dalam permainan Metal Gear di main storyline, di Metal Gear Survive kalian akan memainkan karakter unik kalian sendiri. Mengenai hal tersebut jadi berita untuk lain waktu.

Seperti yang kalian ketahui, permainan sekarang bukan lagi seperti satu dekade dulu yang saat membeli akan mendapatkan semua yang ada di dalam permainan dan tidak sering terdapat tambahan yang diberikan secara gratis oleh pengembang. Sebagai sebuah perusahaan, Konami sudah pasti akan mencari sumber pemasukan tambahan dari berbagai sumber, sudah pasti sumber utama adalah penjualan permainan, pemasukan tambahan mungkin dari DLC atau in-game item yang dijual. Konsep seperti ini sudah sering diimplementasikan pada game AAA dengan blunder terbesar saat EA meluncurkan Battlefront 2 dengan harga in-game item yang tidak masuk akal.

Metal Gear Survive Survival Coin

Tapi konsep yang diusung Konami pada Metal Gear Survive kali ini jadi yang baru. Menjadi hal yang lazim kalau kalian membayar tambahan biaya untuk mendapatkan karakter tambahan saat bermain online. Tapi pada seri Metal Gear Survive kali ini, Konami meminta tambahan biaya dalam in-game currency sebesar 1000 Survival Coins untuk menebus satu slot tambahan penyimpanan. Slot ini diperlukan kalau kalian ingin bermain dengan alur cerita berbeda tanpa menghapus permainan sebelumnya, atau sekedar agar kerabat kalian bisa memainkannya tanpa harus menghapus save slot kalian. 1000 Survival Coins sendiri bisa ditebus dengan paket 1150 Survival Coins dengan harga $10. Jadi kurang lebih untuk mendapatkan slot tersebut kalian harus merogoh kocek tambahan $10.

Pertanyaan terbesarnya adalah: Kenapa? Kalau konsep pada multiplayer dapat dimengerti karena pengembang perlu menambah kapasitas server agar dapat menampung karakter tersebut. Tapi kalau mengambil dana tambahan yang diambil dari penyimpanan lokal PC, tentu menjadi hal yang cukup absurd. Mungkin visi ini yang tidak disetujui oleh Hideo Kojima selaku pembuat Metal Gear series, sehingga ia memutuskan untuk keluar dari Konami. Mungkinkan Konami akan menjadi EA-nya Asia? Sekali lagi hanya waktu yang bisa menentukan.

Artikel Terkait: