5 Hal yang Perlu Kalian Ketahui dari Ryzen 5 2400G dan Ryzen 3 2200G


Share

Hari ini (12 Februari 2018) jadi hari saat tim ulasan akhirnya bebas membeberkan semua yang kalian ingin ketahui tentang APU dengan kode nama Raven Ridge yang masuk dalam keluarga Ryzen. Ini dia 5 hal yang perlu ketahui dari Ryzen APU:

1. Integrated GPU (iGPU)
AMD Radeon RX Vega Ryzen 5 2400G Ryzen 3 2200G
Fitur ini mungkin jadi fitur paling ditunggu dari Ryzen APU. Tapi mungkin beberapa dari kalian masih bingung mengenai istilah Integrated GPU atau yang sering dikenal dengan nama iGPU. iGPU secara harafiah artinya GPU yang terhubung langsung dengan CPU, jadi dalam satu prosessor terdapat CPU dan GPU yang bekerja bersamaan. AMD sendiri sudah terkenal mempopulerkan nama APU dengan prosessor A-series milik mereka dan kali ini memperlebar jajaran APU di Ryzen-series dengan Ryzen 3 2200G dan Ryzen 5 2400G.

Secara teknis, prosessor Intel harusnya bisa disebut APU karena sebagian besar (kalau bukan semuanya) memiliki iGPU di dalamnya yang Intel serbut HD Graphic dan UHD Graphic.

Kesannya iGPU jadi pilihan yang luar biasa kan? Tapi ada beberapa kekurangan iGPU dibandingkan dengan GPU diskit atau sering disebut dGPU. Antara lain suhu yang dihasilkan dan keterbatasan performa dibandingkan dGPU. Tapi kalau kalian berencana menjadikan Ryzen APU untuk gaming ringan, Office PC, atau HTPC, tidak diragukan lagi Ryzen APU jadi pilihan best value untuk sekarang.

 

2. Rebutan VRAM dengan RAM PC
VRAM
Video RAM atau yang disingkat VRAM secara sederhana adalah RAM yang bertugas untuk mengolah grafis video. Ryzen APU yang hadir sekarang ini (Ryzen 3 2200G dan Ryzen 5 2400G) tidak memiliki VRAM terintegrasi dalam kemasan prosessor milik mereka. Mungkin banyak alasannya tapi yang paling nyata adalah permasalahan ukuran prosessor.

Karena ketiadaan VRAM, iGPU perlu mengambil RAM dari sumber lain dan seperti yang kalian tebak, iGPU mengambil RAM dari… RAM PC yang ada. Harusnya tidak ada masalah kan? Jawabannya iya, tidak ada masalah tapi hal ini seperti analogi menggunakan swiss army knife dan pisau dapur untuk memasak. Keduanya bisa digunakan, tapi memasak dengan pisau dapur membuat semuanya lebih cepat dan mudah.

 

3. PCIe Lanes di Raven Ridge Turun jadi x8 Lanes

Ini dia informasi yang jarang diketahui, seperti yang kalian ketahui Ryzen bisa dibilang sebagai System-on-Chip karena prosessor mengatur hampir semua hal yang ada di motherboard. Mulai dari Chipset, PCI Slot, M.2, dan pastinya iGPU. Pada Ryzen CPU yang sudah beredar, terdapat 20 PCIe lanes yang bisa dipakai oleh sistem yang terbagi atas x4 untuk Chipset dan x16 untuk Graphic Cards.

Tapi di Ryzen APU, x8 diambil untuk iGPU sehingga hanya tersisa x8 saja yang bisa digunakan kalau kalian ingin menambahkan dGPU di lain waktu. Performa tentu akan terpengaruh, tapi berdasarkan beberapa reviewer luar, perbedaannya nyaris tidak terasa.

Oleh karena hal itu, penulis menyarankan kalau kalian memang sudah membeli VGA Card, lebih baik membeli Ryzen 5 1500X atau Ryzen 5 1400 karena kalian hanya membuang-buang sumber daya yang ada kalau membeli Ryzen APU tapi memiliki VGA Card dari awal.

 

4. Ryzen 3 2200G dan Ryzen 5 2400G Menggunakan Fabrikasi 14nm

Mungkin ini yang akan sedikit membingungkan banyak orang, tapi tidak ada satu kalimatpun yang mengatakan bahwa Ryzen 3 2200G ataupun Ryzen 5 2400G tapi lebih ke arah untuk menggantikan kehadiran Ryzen 3 1200 dan Ryzen 5 1400. Hal ini diperkuat dengan fabrikasi 14nm yang masih digunakan di Ryzen 3 2200G dan Ryzen 5 2400G. Karena seperti yang kalian ketahui, Ryzen generasi ke-2 akan menggunakan proses fabrikasi terbaru, yaitu 12nm yang AMD sebut dengan Zen+.

 

5. CCX Berkurang => L3 Cache Berkurang
Ryzen CCX
Nah, penulis sendiri lebih tertarik dengan teknologi yang ada di di balik chip tersebut. Seperti yang pernah penulis buat mengenai rahasia Ryzen. Prosessor AMD Ryzen bisa disebut sebagai prosessor modular karena AMD dapat menambah berapapun jumlah CCX yang ada di balik IHS dengan ukuran kemasan sebagai batasannya.

Sebagai perbandingan, di AMD Ryzen 5 1400, AMD menggunakan 2 CCX dengan konfigurasi 2+2 yang berarti memiliki 8MB L3 Cache. Sedangkan Ryzen 5 2400G memiliki konfigruasi 1 CCX 4+0 yang membuatnya memiliki 4MB L3 Cache. Berkurangnya L3 Cache mungkin akan mempengaruhi beberapa program yang memang bisa berjalan dengan paralel. Tapi dengan konfigurasi 1 CCX, beberapa game akan mengalami peningkatan frame karena data tidak perlu “loncat” dari 1 CCX ke CCX lainnya yang akan mengakibatkan penambahan latency. Untuk mengatasi penurunan L3 Cache, AMD meningkatkan base clock secara cukup signifikan dari 3,2 GHz di R5 1400 menjadi 3,6 GHz di R5 2400G dan perlu diingat keduanya masih menggunakan arsitektur Zen.

Dengan Konfigurasi 1 CCX, juga membuat AMD memungkinkan memasukkan iGPU ke dalam paketnya (perlu dikonfirmasi lebih lanjut).

Artikel Terkait: