AMD Ryzen seri-2000 Pinnacle Ridge akan Tetap Menggunakan IHS yang Disoldered

AMD Ryzen Pinnacle Ridge

Share

Setelah AMD APU Ryzen 3 2200G dan Ryzen 5 2400G meluncur ada yang coba melakukan delidding prosessor tersebut, dan ternyata menemukan fakta kalau kedua APU tersebut menggunakan TIM alih-alih disolder seperti pada varian Ryzen CPU. Penulis sendiri menganggap hal tersebut wajar mengingat Ryzen APU sendiri mengincar segmen yang sensitif terhada harga sehingga beberapa cara untuk menurunkan harga jual produk tentu jadi senjata yang cukup ampuh untuk menjaring banyak potensi pembeli. Tapi yang sedikit disayangkan adalah AMD membandingkan Ryzen APU dengan Ryzen CPU seolah-oleh keduanya sama, yang penulis kutip “Ryzen 3 2200G akan menggantikan Ryzen 3 1200…”.

AMD Ryzen APU Ryzen CPU Raven Ridge Pinnacle Ridge Summit Ridge

Cukup banyak spesifikasi yang berubah dari Ryzen 3 1200 dan Ryzen 3 2200G, sebut saja banyaknya PCIe Lane yang bisa digunakan, konfigurasi CCX dari 2+2 berubah menjadi 4+0, base clock yang jauh lebih tinggi pada Ryzen 3 2200G hingga pastinya IHS.

Setelah diketahui kalau Ryzen APU menggunakan TIM, banyak yang mulai berspekulasi kalau kedepannya Ryzen CPU akan juga menggunakan TIM yang meskipun lebih murah memiliki performa penyaluran panas yang jauh lebih buruk. Tapi sepertinya juru bicara AMD melalui Reddit, “AMD_Robert” berkata kalau generasi kedua Ryzen dengan kode nama Pinnacle Ridge masih dan akan tetap menggunakan IHS yang disolder seperti pada generasi pertama Summit Ridge. Bagi kalian yang bingung mengenai perbedaan keduanya, kalian bisa baca artikel yang penulis buat mengenai perbedaan IHS yang menggunakan metode TIM dan Soldered.

Artikel Terkait: