Lebih Baik Mana: Samsung Galaxy A8 atau Samsung Galaxy S8?


Share

Bulan Januari lalu, Samsung resmi merilis Galaxy A-series di Indonesia dengan harga kisaran Rp6,5 juta. Karena fiturnya yang hampir mirip dengan Galaxy S8, yang sebelumnya sudah diluncurkan tahun 2017, maka wajar saja ada beberapa kalangan yang bingung saat harus memilih di antara keduanya. Tapi pada akhirnya, tiap model pasti memiliki sisi positif dan negatifnya.

Ada dua alasan utama mengapa orang dapat tertarik untuk membeli Galaxy A8. Pertama, desainnya yang modern mengintegrasikan layar teknologi panel SAMOLED alias Super AMOLED dengan tepi yang melengkung. Walaupun tidak memiliki infinity display yang dibanggakan Galaxy S-series, tampilan Galaxy A8 dapat dikatakan hampir sama elegannya dengan Galaxy S8.

Alasan kedua, Galaxy A8 mengedepankan dua kamera depan dengan resolusi tinggi dengan sensor 16MB dan 8MB. Ini merupakan kamera depan dual pertama untuk Samsung, dan pastinya akan memikat pengguna muda, terutama untuk aplikasi Instagram dan Snapchat. Bahkan, kamera depannya pun dapat memproduksi efek bokeh yang cukup baik.

Samsung Galaxy A8

Namun, perlu ditekankan bahwa Galaxy A-series ditujukan untuk kalangan menengah, sehingga banyak fitur dari Galaxy S-series yang dihilangkan demi menurunkan harga. Samsung Galaxy S8, dengan berat 155g, akan lebih nyaman digunakan dan dibawa dibandingkan dengan Samsung Galaxy A8 yang memiliki berat 172g karena cangkangnya yang lebih besar.

Dari segi display, Galaxy S8 yang memiliki 570ppi dapat menampilkan lebih banyak detail, terutama saat bermain game atau menonton film. Sedangkan Galaxy A8 dengan 440ppi, walaupun memiliki kualitas HD, tentu tidak akan sama jernih karena lingkup pixel yang jauh lebih rendah.

Pada akhirnya, harga penjualan Samsung Galaxy A8 dan A8+ tidak terlalu jauh dibandingkan Samsung Galaxy S8 di pasaran. Dengan menambah Rp2-3,5 juta, kamu sudah bisa mendapatkan smartphone Samsung tercanggih antara lainnya. Memang, Galaxy A-series merupakan smartphone yang cukup memukau dengan harga relatif lebih murah. Namun jika kamu memiliki uang ekstra, atau rela menabung beberapa bulan lagi, tidak ada salahnya menunggu untuk membeli Galaxy S-series. Mana yang kamu pilih?

Artikel Terkait: