Mengalahkan Google, Nokia Jual Lebih Dari 4,4 Juta Smartphone


Share

Nokia merupakan salah satu perusahaan ponsel paling sukses sejak tahun 60an. Namun dengan meningkatnya teknologi smartphone, perusahaan asal Finlandia ini terkubur oleh brand besar seperti Apple dan Samsung. Untungnya, ponsel yang merupakan favorit anak 90an ini kembali menjual produknya bersama HMD Global, dan semua usaha tersebut membuahkan hasil positif.

Sebuah laporan dari Counterpoint menunjukkan bahwa HMD Global telah menjual 4,4 juta smartphone pada Q4 2017. Angka ini meletakkan Nokia pada posisi ke-11 dalam daftar perusahaan dengan pasar tertinggi. Beberapa brand lain yang dikalahkan Nokia adalah Google, HTC, Sony, Lenovo, OnePlus, dan Asus.

Menurut Neil Shah, analis dari Counterpoint, Nokia duduk di posisi nomor tiga di UK, sedangkan masuk dalam lima besar di Rusia, Vietnam, dan beberapa pasar di Timur Tengah. Mengingat bahwa Nokia baru kembali ke pasaran selama satu tahun, ini merupakan posisi yang signifikan.

Bukan smartphone saja, angka untuk penjualan feature phone mereka pun juga meningkat. Perusahaan tersebut memimpin segmen ini dengan menjual 20,7 juta unit, berdasarkan laporan lain dari Counterpoint. Lebih menakjubkan lagi, Nokia menguasai 5% pasaran, menjadikannya nomor enam dalam keseluruhan penjualan ponsel (smartphone dan feature phone).

Sekadar mengingatkan, Nokia 6 diluncurkan pada bulan Juni 2017 lalu, diikuti dengan Nokia 5 dan Nokia 3. Tiga smartphone dari HMD Global tersebut kemudian dilengkapi dengan perilisan Nokia 8 dan Nokia 2. Kabar baiknya, Nokia 8 yang telah diperkenalkan sejak bulan Agustus 2017 kemarin juga akan memijakkan kakinya di pasaran Indonesia.

Artikel Terkait: