Motherboard Murah dengan Intel Chipset Seri-300 Sebentar Lagi Hadir


Share

Mungkin saat Intel pertama kali meluncurkan Intel Coffee Lake dapat dimaklumi kalau tidak semua lini siap untuk dibeli oleh konsumen yang membutuhkannya. Jadi bisa dimengerti kalau Intel membutuhkan waktu tambahan untuk memproduksi seluruh keluarga Intel Coffee Lake mulai dari prosessor dan komponen pendukung lainnya seperti Motherboard. Tapi, sejak peluncurannya pada bulan Oktober 2017 lalu sudah lebih dari 3 bulan belum ada tanda-tanda motherboard kelas terjangkau seperti seri B dan H hadir untuk mendampingi prosessor seri terjangkau yang sudah diluncurkan.

Tentu terkesan aneh dan lucu kalau kalian berniat memasangkan Intel Core i3-8100 dengan motherboard chipset Z370. Pertama motherboard seri Z370 sendiri dalam beberapa kasus memiliki harga yang sama bahkan bisa lebih mahal dari prosessor Core i3. Kedua, prosessor tersebut tidak bisa memanfaatkan semua potensial yang dimiliki motherboard tersebut, sebut saja kemampuan Overclock yang hanya bisa dinikmati oleh prosessor dengan huruf K dibelakangnya.

Penulis sendiri sempat berpendapat kalau ini jadi langkah Intel untuk mengurangi stock prosessor generasi ke-6 dan ke-7 yang sudah ada di pasaran karena Intel Core generasi ke-8 bisa dibilang merusak pasar Intel sendiri. Bayangkan saja Intel Core i3 generasi ke-8 memiliki 4 core 4 thread yang di mana pada generasi ke-7 dimiliki oleh Intel Core i5. Dan perlu diingat harga Intel Core i3 dipasang jauh lebih murah dibandingkan dengan Intel Core i5 serta memang ada sedikit perbedaan seperti jumlah L3 Cache yang tersedia. Tapi kalau pada gelombang awal peluncuran tersedia opsi murah, bisa diperkirakan kalau kombinasi Intel Chipset H310 dan Intel Core i3 akan sangat diburu dan secara langsung akan terjadi kanibal produk lama.

Intel Chipset Comparison 200-series vs 300-series

Tapi akhirnya penantian tersebut akan terbalaskan, karena Intel berencana akan meluncurkan 3 motherboard seri terjangkau di Q1-2018 yang berarti mungkin pada akhir Februari atau bulan Maret nanti. Pilihan produk yang tersedia akan memiliki Intel Chipset H370 Express, B360 Express, dan H310 Express.

Motherboard H370 memiliki fitur yang hampir mirip dengan Z370 terkecuali dukungan overclock dan multi-GPU. Sedangkan B360 akan sedikit lebih murah dengan pilihan konektivitas terbatas dan H310 seperti yang sudah-sudah adalah motherboard kelas pemula dengan konektivitas paling sedikit. Perkiraan rentang harga H370 berkisar $100 sampai $170; B360 sekitar $80 hingga $130, dan H310 berkisar $50 hingga $70.

Artikel Terkait: