Nintendo Labo, Produk Unik Terbaru Dari Nintendo Switch


Share

Nintendo sempat bikin heboh ketika ia mengumumkan produk terbarunya, Nintendo Labo, sebuah alat yang bisa dibangun sendiri oleh para pemain dan digunakan dengan Switch mereka. Yang bikin Labo makin unik adalah penyajiannya. Dengan potongan karton atau kertas kardus dan ornamen lainnya, kamu bisa menciptakan beragam periferal, seperti alat pancing dan piano mini, dan menggunakannya dengan console Switch serta Joy-Cons.

Tentu, konsep ini memang susah dimengerti jika tidak mencobanya sendiri. Dan kamu mungkin masih punya beberapa pertanyaan mengenai cara kerjanya. Berikut penjelasan singkatnya:

Labo hadir dalam dua set berbeda, masing-masing disertai dengan beberapa lembar kertas kardus dan materi lainnya yang dibutuhkan untuk membangun Toy-Con. Ini adalah sebutan untuk hasil produk akhir, yaitu benda kardus yang digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas di Switch. Kardus-kardus ini telah dipotong sebelumnya, jadi kamu tinggal menggabungkan potongan tersebut secara hati-hati dengan mengikuti panduan yang tertera pada layar Switch.

Nintendo Labo

Tiap Toy-Con yang kamu bikin akan memiliki saku untuk menyelipkan kedua controller Switch atau biasa disebut Joy-Con. Toy-Con tersebut menggunakan controller ini untuk berinteraksi dengan software Labo. Misalnya, Toy-Con RC Car bisa disetir menggunakan HD rumble yang terdapat pada Joy-Con. Bentuk lainnya, seperti Piano, memiliki lembaran IR Tape yang akan dibaca langsung oleh kamera Joy-Con demi menentukan nada mana yang kamu tekan. Serupa, House Toy-Con memiliki beragam konektor yang bisa disisipkan. Hal ini akan langsung memengaruhi layar Switch kamu.

Nintendo Labo akan dirilis di Amerika Serikat dan Australia pada 20 April mendatang. Sedangkan di Eropa, perangkat unik ini akan hadir pada 27 April. Harga untuk Variety Kit diperkirakan akan berkisar USD70, sedangkan untuk Robot Kit akan dijual sekitar USD80. Nintendo juga akan menjual Customization Set secara terpisah agar kamu bisa menghias hasil Toy-Con dengan stiker dan plester warna-warni.

Artikel Terkait: