Nvidia Akan Menyelamatkan PC Gaming dari Miner: Nvidia Turing jadi Chip khusus Cryptomining


Share

Baru beberapa waktu lalu ada kabar mengenai kehadiran Nvidia Turing yang dirumorkan akan menjadi chip di bawah GeForce atau untuk segmen PC Gaming. Tapi, seingat penulis beberapa waktu lalu ada rumor juga yang menegaskan kalau segmen GeForce selanjutnya akan menggunakan arsitektur Ampere atau paling cepet akhir tahun ini atau awal tahun depan muncul. Dan juga perlu diingat Nvidia pun masih memimpin dengan arsitektur Pascal mereka di kalangan PC Gaming meskipun AMD meluncurkan GPU Vega sekalipun. Jadi sederhananya, masih belum ada alasan kuat bagi Nvidia untuk mengeluarkan GPU baru di segmen PC Gaming.

Nvidia Turing Enigma

Dari kode nama Turing sendiri sepertinya menjadi kode Nvidia kalau kartu tersebut akan didedikasikan khusus untuk cryptomining. Turing diambil dari nama ilmuan asal Inggris, Alan Turing yang berhasil memimpin sekelompok matematikawan untuk menembus Crptografi Enigma milik Nazi. Jadi Nvidia Turing sepertinya akan didedikasikan untuk crypto-mining dan akselerator blockchain yang didesain kompak, efisien dan siap untuk pengadaan skala-besar baik bagi perusahaan mining ataupun perorangan.

ASIC

Nvidia Turing sendiri dapat diproduksi dengan biaya rendah dibandingkan dengan produk GeForce dan pastinya dalam skala besar untuk mengembalikan lagi harga komponen PC Gaming. Produk dari Nvidia ini bisa jadi saingan ASIC dan pastinya akan sangat mengubah peta dunia cryptocurrency karena sekarang banyak orang bisa mining dengan harga yang lebih murah.

Tapi analisis penulis sepertinya kalau benar kartu ini seperti yang dirumorkan, yaitu harga murah dengan performa mining baik. Pasti akan menghancurkan harga cryptocurrency karena seperti yang kita ketahui nilai dari cryptocurrency hasa berdasarkan pada asas permintaan pasar. Sehingga kalau kartu ini hadir seperti yang dijanjikan, akan banyak sekali crpytocurrency yang beredar dan pastinya akan menurunkan nilai dari cryptocurrency itu sendiri.

Tapi pertanyaannya balik lagi, apakah miner berniat membeli kartu tersebut? Mengingat kartu GeForce bisa dijual kembali jadi kartu gaming, sedangkan Nvidia Turing yang didedikasikan untuk mining pastinya akan memiliki harga jual kembali yang rendah atau dalam kasus ekstrem tidak akan ada yang membelinya.

Artikel Terkait: