Nvidia Dirumorkan Akan Meluncurkan GPU Gaming dengan Kode Nama Turing!


Share

Akhir tahun lalu Nvidia menutup tahun dengan meluncurkan produk GPU dengan arsitektur Volta untuk prosumer di bawah nama Titan Series. Setelah diulas oleh media luar, didapatkan kalau kartu ini bisa dibilang adalah kartu kelas konsumer tercepat terutama untuk kegiataan berhubungan dengan Artificial Intelligence maupun Machine Learning berkat kehadiran Tensor Core di dalamnya. Sekarang ada GPU gaming yang akan diperkenalkan dengan kode nama Turing.

Turing Nvidia Titan V Volta

Produk dengan arsitektur Volta tersebut seperti namanya diluncurkan di bawah Titan Series yang berarti Nvidia, meskipun bisa, tidak berharap kartu Titan V digunakan untuk keperluan sebatas gaming. Lalu, kemudian banyak juga yang bertanya kapan GPU dengan arsitektur Volta akan hadir untuk gaming yang mengusung nama GeForce di depannya? Bahkan ada beberapa rumor yang menyatakan kalau Nvidia akan meloncati arsitektur Volta untuk kelas gaming, karena sampai sekarangpun GTX 1080 Ti masih belum terkalahkan sebagai GPU gaming terbaik yang bisa dibeli (kalau persediaan masih ada). Sehingga ada rumor yang beredar kalau GeForce selanjutnya akan menggunakan arsitektur Ampere.

Tapi sepertinya kalian tidak perlu menunggu lebih lama lagi, karena berdasarkan yang penulis kutip dari Reuters, GPU gaming selanjutnya akan diperkenalkan bulan depan (bulan Maret) dengan kode nama Turing. Turing sendiri bukanlah kode nama arsitektur, tapi lebih seperti kode nama produk atau SKU. Mengenai arsitekturnya, masih menjadi misteri apakah masih akan mengusung arsitektur Pascal yang ditingkatkan, menggunakan arsitektur Volta, atau mugnkin arsitektur baru Ampere? Kita hanya bisa tunggu.

Artikel Terkait: