NVIDIA GeForce GT 1030 Mendapatkan Dukungan G-SYNC


Share

Siapa yang tidak kenal Nvidia GeForce GT 1030 sekarang ini? Mengingat harga GPU yang semakin meningkat, popularitas GT 1030 meningkat untuk mengisi kekosongan harga GeForce GTX 1050 dan sekelasnya. Kartu termurah dan terkecil dari arsitektur grafis Pascal terebut sebenarnya ditargetkan untuk konsumen yang membutuhkan alternatif murah iGPU dan Nvidia sangat jelas membagi segmen kartu mereka, yaitu GTX untuk gaming dan GT untuk komputasi sehari-hari, ada juga Titan untuk Prosumer, dan Quadro untuk enterprise.

Kartu tersebut selain hanya memiliki sedikit shaders, juga memiliki fitur yang dipangkas seperti Nvidia G-SYNC yang menjadi teknologi adaptive V-Sync milik Nvidia. Jelas sekali, orang yang membeli kartu tersebut sudah pasti bukan target utama dari moitor premium, mengingat monitor dengan G-SYNC sering sekali memiliki refresh rate yang tinggi dan sudah pasti GT 1030 tidak mampu menyajikan refresh rate tinggi.

Nvidia GeForce GT 1030 G-SYNC MSI

Tapi dengan driver GeForce terbaru, Redditor “wantkitteh” mendapatkan GeForce GT 1030 dari MSI miliknya dapat dihubungkan dengan monitor Acer Predator dan mampu menawarkan kendali G-SYNC pada Nvidia Control Panel. Pengaturan OSD pada monitor juga mengkonfirmasi kehadiran G-SYNC. G-SYNC sendiri memiliki fitur persyaratan yang terbilang cukup sulit dipenuhi karena kalian harus memiliki GPU dan Monitor yang memiliki DisplayPort 1.2 dan sudah tersertifikasi.

Jika benar kehadiran G-SYNC ada di GeForce GT 1030, mungkin para gamer eSport seperti CS:GO dengan budget terbatas bisa mulai mencari monitor dengan dukungan G-SYNC. Tapi, sekali lagi kalau memang budget dan mau membeli monitor G-SYNC, sudah pasti itu orang fanboy Nvidia.

Artikel Terkait: