Prosessor Penerus Pentium G4560 Mulai Dijual, Pentium Gold Coffee Lake Bertambah!

Pentium Gold Pentium Silver

Share

Siapa yang tidak mengenal prosessor Kaby Lake paling dicari satu dunia, Pentium G4560? Prosessor yang awalnya memiliki harga sekitar Rp 750.000-an saja sekarang naik hingga hampir Rp 1 juta karena mengikuti permintaan pasar, meskipun ada beberapa rumor kalau Intel sengaja menaikkan harga G4560 agar prosessor Core i3-7100 tidak kalah bersaing karena keduanya memiliki spesifikasi yang mirip.

Seperti bisa, setiap tahun Intel selalu meluncurkan penyegaran di setiap lini prosessor mereka. Pada akhir tahun 2017, Intel memutuskan untuk mengubah nama Pentium mengikuti nama logam mulia seperti Xeon. Sehingga di tahun ini kalian akan menemui nama Pentium dengan tambahan Pentium Gold.

Terdapat 5 varian tambahan yang baru saja diperkenalkan Intel, yaitu Celeron G4900 dan G4920 yang memiliki susunan 2 core 4 thread dengan pembeda di base clock saja, yaitu 3,1 GHz dan 3,2 GHz. Jajaran Pentium Gold, yaitu G5400, G5500, dan G5600 yang memiliki susunan 2 core 4 thread dengan pembeda base clock secara berturut-turut adalah 3,7 GHz, 3,8 GHz, dan 3,9 GHz.

Intel Pentium Gold Celeron Core Coffee Lake

Meskipun penulis belum pernah menyentuh dan menguji produk Pentium Gold Coffee Lake, tapi penulis yakin dapat memperkirakan performa prosessor tersebut. Kalau diteliti lebih baik, perbedaan arsitektur Skylake, Kaby Lake, dan Coffee Lake sangat sedikit, dan cenderung lebih ke arah optimisasi dibandingkan perubahan besar-besaran. Skylake ke Kaby Lake, perubahan yang terlihat nyata adalah peningkatan base clock dan dukungan Intel Optane Memory. Sedangkan perubahan dari Kaby Lake ke Coffee Lake lebih ke arah penambahan jumlah core dan thread pada jajaran Intel Core. Tapi kalau dilihat pada jajaran Intel Pentium Gold, penulis cukup yakin peningkatan performa hanya didasarkan pada peningkatan base clock, mengingat G4560 memiliki base clock 3,5 GHz dan varian Pentium Gold terendah saat ini bahkan 3,7 GHz. Pasti banyak yang akan merasakan peningkatan performa 200 MHz akibat optimisasi silikon oleh Intel.

Kalau kalian memang berencana membuat sistem Intel, penulis sarankan kalian mulai membuat sistem Coffee Lake dibandingkan dengan sistem Skylake atau Kaby Lake. Pertama, harga motherboard Coffee Lake varian terjangkau (H series maupun B series) sebentar lagi bisa dibeli dan penulis selalu bilang upgrade path Coffee Lake jauh lebih baik dibandingkan dengan Kaby Lake pastinya. Kalau kalian membeli dari awalnya Pentium Gold G5400 yang memiliki 2 core 4 thread, masih terbuka upgrade path hingga Intel Core i7-8700K yang memiliki 6 core 12 thread, meskipun untuk bermain game sendiri penulis bilang sweet spot ada di Intel Core i5-8400.

Artikel Terkait: