Vivo X20 Plus UD: Pelopor Sensor Sidik Jari Pada Layar


Share

Selama bertahun-tahun, telah berspekulasi gosip dari perusahaan besar seperti Samsung dan Apple mengenai integrasi sensor sidik jari pada layar. Sekarang, akhirnya ada satu brand ponsel pintar yang berhasil mewujudkannya. Vivo, perusahaan smartphone dari Cina, yang juga pemegang brand Oppo dan Oneplus, telah merilis Vivo X20 Plus UD, smartphone pertama dengan teknologi canggih ini. Teknologi pada ponsel ini merupakan kolaborasi antara Vivo dan Synaptics, pembuat sensor asal Amerika Serikat.

Permintaan sensor sidik jari di layar memang meningkat seiring evolusi desain smartphone, di mana sebagian besar fokus pada desain cangkang yang lebih langsing dan layar penuh. Beberapa perusahaan, seperti Samsung dan Google, memutuskan untuk meletakkan sensor sidik jari di bagian belakang ponsel. Sedangkan Apple menyempurnakan sistem Face ID pada iPhone X agar dapat menghilangkan identifikasi fingerprint secara keseluruhan.

Menurut berita yang dilansir dari The Verge, tidak ada yang spesial dari Vivo X20 Plus UD selain sistem fingerprint ini. Tak jauh beda dari sebelumnya, ponsel ini memiliki layar 6.43 inch 2160 x 1080 18:9 OLED, dengan 12MP kamera dual, prosesor Snapdragon 660, dan baterai 3,905mAh.

Sejauh ini, smartphone tersebut baru dirilis di Cina dengan harga 3.598 Yuan (Rp7,2 juta). Belum ada info mengenai perilisannya di negara lain, termasuk Indonesia.

Artikel Terkait: