Akhirnya! Update Keamanan dari Meltdown dan Spectre Siap untuk Broadwell dan Haswell

Spectre Meltdown

Share

Berdasarakan dokumen pada panduan Microcode Revision, Intel akhirnya menampilkan bahwa mereka telah mengembangkan dan mulai meluncurkan update microcode keamanan untuk prosessor berbasis Broadwell dan Haswell milik mereka. Sepertinya butuh waktu lebih dari 2 bulan (dari diumumkannya dan lebih dari 6 bulan sejak ditemukannya) untuk akhirnya update dari Meltdown dan Spectre tersedia untuk prosessor generasi Broadwell dan Haswell.

Meskipun bisa dibilang kabar gembira, tapi ternyata belum bisa berbahagia banget mengingat prosessor Intel generasi lebih lawas: Sandy Bridge dan Ivy Bridge masih dalam tahap beta dan sedang diuji oleh partner hardware mereka. Membuat kedua arsitektur tersebut masih rentan dari Meltdown dan Spectre.

Meltdown dan Spectre Intel Broadwell Haswell

Gimana menurut kalian? Apakah sistem kalian aman dari Meltdown dan Spectre? Penulis sendiri sekarang masih bingung sebenarnya sejauh apakah Intel akan serius menambal seluruh sistem mereka karena seperti yang kalian ketahui, update tersebut selain disebarkan melalui sistem operasi, ada juga yang disebarkan melalui vendor hardware dalam hal ini vendor motherbaord untuk memperbarui BIOS mereka. Seperti yang kalian ketahui, sistem seperti Ivy Bridge dan Sandy Bridge sudah 5 tahun lebih umurnya, dan dalam hitungan bisnis tidaklah menguntungkan untuk terus merawat sistem yang sangat lama. Mungkinkah untuk prosessor lawas tersebut hanya akan tersedia dukungan untuk kelas server saja? Hanya waktu yang bisa menjawab.

Artikel Terkait: