AMD Ryzen 3 2200G (Review & Benchmark), Penyelamat Gamer Kere Banget


Share

Di Artikel sebelumnya kalian udah membaca performa APU Ryzen 5 2400G ( https://goo.gl/oUwEpU ) yang cukup mengejutkan karena bisa dibilang kebutuhan gaming sehari-hari bukan jadi masalah lagi dengan adanya APU Ryzen ini. Lalu gimana dengan performance Ryzen 3 2200G?

Mari kita bahas dulu spesifikasinya terlebih dahulu. Sebelumnya ryzen 3 summit ridge memiliki konfigurasi 2+2 atau 2 CCX, pada prosessor ini AMD memberikan konfigurasi 4+0 atau hanya 1 CCX saja. Perubahan konfigurasi CCX tersebut mengakibatkan turunnya latency data dan meningkatkan performa beberapa game atau aplikasi, serta L3 Cache yang menurun menjadi 4 MB. Prosesor ini dibuat dengan fabrikasi 14nm yang memiliki 4 core dan 4 thread, serta Base clock 3,5 GHz dan Boost Clock 3,7 GHz. Seperti yang kalian ketahui, Ryzen APU ini sudah terintegrasi dengan hadirnya grafis Vega di dalamnya. Lebih tepatnya terdapat 8 Vega core di dalamnya yang berjalan di frekuensi 1100 MHz. Meskipun terdapat CPU dan GPU di dalamnya, AMD berhasil membuat maximum TDP pada prosesor ini hanya 65W dalam keadaan default. AMD juga memberikan dukungan kepada Kecepatan Memory maksimal yang dinaikan hingga 2933 MHz dengan konfigurasi dual-channel. Yang pastinya masih bisa dioverclock disemua motherboard soket AM4

Nah untuk mengetahui performance dari prosessor Ryzen 3 2200G ini, Team Ulasan ID sudah merakit PC dengan spesifikasi sebagai berikut :
Prosessornya AMD Ryzen 3 2200G yang sudah terintegrasi dengan GPU Vega 8
Motherboard dari Gigabyte AB350-Gaming 3 yang sudah menggunakan BIOS terbaru versi F22b
Memory RAMnya G.Skill Flare X 2x4GB Kit yang bisa berjalan di CL14 dengan clock 3200 MHz
Storagenya yang Kita pakai 1TB Hardisk untuk penyimpanan dan 128GB SSD untuk sistem operasi
Power Supplynya XFX XTR 750W
Dan untuk membungkus semuanya gua menggunakan casing cube gaming Alvora

Pada saat pengetesan disini Kita menggunakan perbandingan sistem default dan overclock CPU 3,8Ghz dan GPU 1300Mhz, Ini dia hasil benchmarknya :

suhu
sky diver
geekbench
cinebench
gb memory
firestrike
time spy
cs:go
ff
gta
tomb Raider

Artikel Terkait: