Asisten Digital Amazon, Alexa, Tertawa Tanpa Sebab!


Share

Amazon memiliki kejadian unik dan sedikit menyeramkan yang terjadi pada Alexa, asisten digital buatannya yang hadir di negeri Paman Sam. Sekedar info, Alexa adalah asisten digital yang bersaing langsung dengan Siri dari Apple, ataupun Cortana dari Microsoft, namun bedanya Alexa tidak hadir di ponsel pintar melainkan di speaker pintar bernama Amazon Echo.

Amazon Echo

Alexa diketahui beberapa waktu terakhir ini mengeluarkan suara tertawa kecil saat melaksanakan perintah suara dari penggunanya. Sayangnya belum ada yang mengetahui apa sebab dari bug dari Alexa ini. Dilansir dari The Verge, Amazon sendiri sudah mengetahui persoalan ini dan sedang mengerjakan perbaikannya. Pertama kali isu ini muncul di publik juga saat para pengguna Echo menceritakan pengalaman mereka yang berkaitan dengan tawa Alexa ini di linimasa Twitter.

Ada yang mengatakan bahwa Alexa tertawa sendiri tanpa ada perintah untuk tertawa, sehingga solusi tercepat yang dilakukan adalah mencabut kabel dari Echo itu sendiri. Selain itu, respon lainnya lagi adalah, Alexa tertawa sendiri saat pengguna memberi suatu perintah yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan kata kunci tawa dan semacamnya.

Sebenarnya, untuk penggunaan asisten digital, tidaklah hal yang terlalu aneh jika asisten digital tersebut salah dalam mendengar perintah penggunanya, bahkan hal ini juga bisa menjadi pengalaman lucu sendiri dan mungkin bisa menjadi meme. Namun untuk kasus Alexa ini, tawa yang tiba-tiba menjadi kejadian yang aneh dan membuat penggunanya cukup penasaran dan sedikit takut, padahal Alexa, dan sebagaimana asisten digital lainnya, bisa diatur untuk dipanggil dengan sebutan namanya, misalkan “Hei Alexa!”.

Bagaimana menurutmu? Bug biasa atau mungkin, asisten digital sudah mulai memiliki kecerdasan sendiri layaknya manusia? Berikan pendapatmu!

Artikel Terkait: