Bocoran Benchmark Ryzen 7 seri-2000 Muncul


Share

Baru saja beberapa saat lalu kita lihat ada bocoran spesifikasi dari Ryzen 7 2700X di situs Futuremark melalui software terkenal milik mereka, yaitu 3DMark. Kali ini ada bocoran dari forum Hardware Battle mengenai benchmark dari prosessor Ryzen 7 seri-2000. Pada bocoran grafik tersebut, prosessor Ryzen 7 seri-2000 disebut sebagai “Future Processor” dan berdasarkan data yang ada, besar kemungkinan kalau prosessor tersebut adalah Ryzen 7 2700X. Pertama, dari data AIDA64 kalian bisa lihat kalau kecepatan prosessor sangat mirip dengan bocoran yang ada di situs Futuremark. Dari grafik tersebut juga, Hardware Battle sering kali membandingkannya dengan Ryzen 7 1700X yang seperti kita tahu akan digantikan oleh 2700X, sehingga besar kemungkinan inilah yang akan dibandingkan oleh mereka.

Ryzen 7 Benchmark

Pada pengujian memory di AIDA64, terdapat peningkatan sebesar 11% pada pengujian latency serta 30% dan 16% pada pengujian L2 dan L3 Cache. Pada pengujian menggunakan Cinebench R15 juga didapatkan performa single-core sebesar 178cb dan multi-core sebesar 1783cb. Sebagai perbandingan. Prosessor flagship Intel Core i7-8700K mencatatkan single-core 206cb dan multi-core 1436cb. Bukan jadi rahasia lagi, kalau performa single-core Intel memang jauh melampaui AMD, sedangkan AMD memiliki performa multi-core yang jauh lebih tinggi berkat kehadiran 8-core 16-thread dibandingkan Intel yang “hanya” memiliki 6-core 12-thread.

Ryzen 7 Benchmark

Mengingat bentuk prosessor AMD yang modular, penulis prediksi seharusnya AMD akan sangat terbantu dengan penurunan ukuran fabrikasi. Ukuran fisik yang mengecil berarti jarak yang ditempuh semakin kecil dan berarti waktu yang diperlukan untuk sebuah informasi berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya semakin cepat. Ukuran fisik tersebut juga meningkatkan base clock prosessor. Jadi bisa dibilang hampir setiap aspek akan meningkat pada arsitektur Zen.

Artikel Terkait: