Facebook Baru Saja Patenkan Self-Balancing Robot


Share

Facebook, Selasa kemarin baru saja mendapatkan paten untuk mengembangkan sebuah self-balancing robot, yaitu robot yang bisa berdiri sendiri dengan dua atau tiga kaki. Konsep dari robot ini menyerupai alat telepresence (alat untuk menghubungkan dua ruangan yang terpisah jauh supaya terlihat lebih dekat dan nyata), dengan disertai sebuah layar, mikrofon, serta kamera.

Perangkat Telepresence yang digunakan untuk konferensi video

Bentuk perangkat Telepresence yang digunakan untuk konferensi video 

Pihak perusahaan belum mau memberikan keterangan apapun terkait turunnya paten tersebut.  Belum jelas apa yang akan Facebook lakukan dengan hadirnya paten robot ini, tetapi potensi yang sangat luas sudah bisa terlihat. Self-balancing robot ini bisa saja digunakan untuk memperluas fitur konferensi video yang akan ditawarkan oleh Facebook. Sebagai informasi, Facebook sudah memperkenalkan fitur panggilan video sejak tahun 2015 lalu melalui Messenger. Dengan kehadiran robot ini, konferensi video antara pengguna menjadi lebih kaya pengalaman. Teman kalian nantinya bisa merasakan ikut hadir dan mengikuti kegiatan kalian secara lebih natural dan nyata selama melakukan panggilan.

Robot ini nantinya juga diprediksi bakal bisa mengambil foto dan video secara otomatis dan membagikannya ke platform yang sudah didukung oleh Facebook seperti Instagram dan Whatsapp.

Self-balancing robot dilengkapi dengan layar, mikrofon, dan kamera

Self-balancing robot dilengkapi dengan layar, mikrofon, dan kamera 

Jika dilihat ke belakang, Facebook sendiri sebenarnya sudah banyak mengantongi hak paten atas inovasi-inovasi terbaru. Hanya beberapa yang berhasil diwujudkan dan selebihnya hanya sebuah konsep. Self-balancing robot ini merupakan karya salah satu karyawan yang sebelumnya bekerja di perusahaan robot telepresence. Bagaimanapun, robot ini belum bisa segera diterjunkan mengingat harganya yang terlampau mahal dan tidak sebanding dengan fungsi yang didapatkan.

Myafield Robotics, sebuah perusahaan di Silicon Valley sudah membuka pre-order untuk sebuah robot yang bernama ‘Kuri’, robot seharga 899 dolar yang bisa berkeliling rumah sembari mengambil foto-foto atau video candid pemilik rumah. Jika kembali ke robot yang dipatenkan Facebook, privasi pengguna akan menjadi fokus utama dalam permasalahan robot yang hadir ditengah-tengah keluarga. Robot tersebut mungkin akan mengambil data yang tidak seharusnya dibagikan di lini masa Facebook.

Akhirnya, mungkin di masa depan nanti, kita tidak perlu repot-repot untuk mengambil gambar. Semuanya sudah tergantikan oleh robot personal yang bisa mengikuti ke mana pun pengguna pergi. Tentu setelah masalah privasi terselesaikan.

Artikel Terkait: