Jepang Punya Robot Serigala Super Untuk Menjaga Hasil Panen


Share

Petani di Jepang sekarang memiliki sebuah robot berbentuk serigala menakutkan. Dengan mata LED merah menyala, robot ini digunakan untuk menakut-nakuti babi hutan, kancil, dan juga hama lainnya dari sawah dan ladang hasil panen mereka.

Robot yang dijuluki ‘Super Monster Wolf’ ini mempunyai tinggi sekitar 50 cm dan panjang 65 cm. Robot ini menggunakan baterai bertenaga solar untuk bergerak. Sedangkan untuk mendeteksi keberadaan hama, robot ini dilengkapi dengan sensor yang peka terhadap rangsangan mamalia lain. Efeknya, robot ini akan mengeluarkan suara gonggongan yang sangat keras untuk menakuti hewan yang mendekat tersebut.

Robot serigala super dengan mata LED menyala merah dan taring karet

Robot serigala super dengan mata LED menyala merah dan taring karet 

Robot serigala super ini sanggup memberikan perlindungan di ruang terbuka seluas 2,5 km persegi. Percobaan telah dilakukan di daerah Kota Kizaru, Chiba, dengan melepaskan robot ini untuk berpatroli. Hasilnya, robot serigala ini sukses menjadi jengkal hama yang efektif untuk mengatasi masalah hama hewan.

Bentuk menyeramkan robot ini dipengaruhi oleh tatapan merah dari LED di matanya. Untuk mendekati bentuk yang realistis, bulu-bulu halus juga dipasangkan. Taring dari karet juga ada pada robot ini. Taring ini akan bergetar saat ada hewan lain mendekat.

Chikao Umezawa dari Perusahaan Agrikultur Jepang mengatakan, hewan hama yang menyerang petani menghabiskan banyak hasil panen dengan angka yang signifikan. Dengan kehadiran robot ini, diharapkan hasil panen petani akan menjadi lebih baik lagi. Robot ini nantinya akan diproduksi secara massa dengan kisaran harga mencapai 50 juta rupiah.

Sayangnya, serigala asli di Jepang sudah dinyatakan terancam punah sejak awal abad 19. Itulah mengapa proyek robot serigala super ini menjadi hal baru yang menarik.

Artikel Terkait: