Keren! Tetes Mata Canggih Yang Bisa Menyembuhkan Rabun!


Share

Kacamata adalah salah satu benda yang sangat membantu orang yang penglihatannya mengalami rabun, baik rabun jauh (miopi) atau rabun dekat (hipermetropi), namun perkembangan teknologi tentu semakin membantu masalah tersebut, yang paling umum adalah penemuan lensa kontak yang kini sudah banyak digunakan orang. Namun ada perkembangan baru mengenai kemajuan teknologi seputar mata tersebut.

Obat Tetes Mata

Sekelompok dokter mata dari Shaare Zedek Medical Center dan Universitas Bar-Ilan di Israel, menemukan apa yang disebut nanodrop yang dibantu dengan teknologi laser memperbaiki penglihatan baik itu rabun dekat atau rabun jauh, dan direncanakan agar diujicoba pada manusia pada akhir 2018 ini.

Zeev Zalevsky, dosen Teknik Elektro di Universitas Bar-Ilan mengatakan penemuan ini dibagi menjadi tiga bagian, sebagaimana dikutip Digital Trends.

Bagian pertama adalah menggunakan aplikasi khusus yang dipasang di smartphone pasien yang bertugas mengukur tingkat rabun mata mereka. Bagian kedua adalah menggunakan laser. Laser tersebut membuat pola dan diproyeksikan ke permukaan kornea mata. Prosedur berikut hanya memakan waktu beberapa detik saja. Bagian ketiga adalah memakaikan cairan tetes mata khusus yang mengandung partikel nano, sebagaimana Zalevsky mengatakannya.

Zalevsky mengatakan lebih lanjut bahwa, partikel nano yang ada di cairan tetes mata tersebut akan masuk ke pola di permukaan kornea mata yang sebelumnya telah di buat, cara kerjanya adalah setelah masuk dan meresap ke permukaan kornea, partikel nano tersebut diharapkan mampu mengatur tingkat pembiasan cahaya yang masuk dan hal inilah yang mengoreksi tingkat kerabunan pasien. Zalevsky menambahkan, penggunaan tetes mata khusus ini juga dapat dilakukan sendiri oleh pasien tanpa harus dibantu dokter mata.

Kekurangan dari teknologi ini adalah, pasien harus secara rutin melakukan prosedur ini setiap satu atau dua bulan sekali agar penglihatannya yang normal bertahan. Zalevsky menutup dengan pembicaraan bahwa saat ini mereka sedang mencari pendanaan agar proyek ini bisa komersil secepatnya dan diluncurkan ke publik.

Artikel Terkait: