Korea Selatan Mengembangkan Internet Kecepatan 10 Gigabit


Share

Korea Selatan dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki internet berkecepatan tinggi saat ini dengan memiliki kecepatan rata-rata 28.6 MBps, bandingkan dengan Amerika Serikat yang hanya 18.7 MBps saja, sedangkan Indonesia sendiri harus berpuas diri di kecepatan rata-rata 7.2 MBps saja, menurut Akamai, perusahaan asal AS yang melakukan survei terhadap kecepatan internet berbagai negara di dunia. Kecepatan internet itu rupanya belum membuat Korea Selatan berpuas diri.

Dikutip dari Yonhapnews, Korea Selatan berencana untuk meluncurkan internet komersil dengan kecepatan transfer 10 Gigabit untuk jaringan internetnya, yang 10 kali lebih cepat dari internet yang ada sekarang sebagaimana dikatakan oleh Kementerian Teknologi Informasi dan Sains hari Minggu kemarin.

Kementerian Teknologi Informasi dan Sains juga mengatakan akan bekerja sama dengan perusahaan teknologi setempat untuk menerapkan teknologi kecepatan ini dan memasukkan teknologi dibalik internet nirkabel generasi kelima, serta menjadi dasar untuk membantu perkembangan augmented reality, dan virtual reality nantinya di Korea Selatan karena memang adanya teknologi tersebut membutuhkan koneksi internet yang selalu terkoneksi dan cepat. Kementerian terkait juga berencana membuat konsorsium demi pengembangan peralatan mendasar untuk internet super cepat ini dan demi komersialisasi internet cepat ini ke depannya agar bisa dinikmati masyarakat Korea Selatan secepatnya.

Perwakilan dari Kementerian menyampaikan “Kementerian berharap ada persaingan sehat di industri teknologi ini dan dengan berhasilnya komersialisasi internet 10 GB ini bisa dicapai dengan kerjasama antara sektor swasta dan sektor pemerintahan”.

Korea Selatan adalah negara dengan ekonomi terbesar keempat di dunia dan salah satu negara dengan koneksi yang cepat memiliki target sekurangnya internet cepat tersebut sudah hadir di Korea Selatan minimal 50% pada tahun 2022 nanti.

Artikel Terkait: