Larangan Massal Mengguncang GTA : Online


Share

Selama akhir pekan kemarin, komunitas GTA (Grand Theft Auto) Online telah digegerkan oleh laporan ban (larangan bermain) yang menimpa ribuan gamers. Hal ini baru terjadi setelah keluarnya update terbaru GTA Online, yang berjudul San Andreas Super Sports.

Mereka yang mendapatkan larangan ini tidak bisa bermain GTA Online selama 30 hari ke depan. Tentu saja hal ini mendatangkan reaksi keras dari komunitas GTA, baik di Twitter maupun Reddit. Komunitas GTA sebenarnya tidak asing dengan larangan bermain seperti ini, apalagi karena banyaknya jumlah hacker dan sejenisnya, yang kerap bisa dijumpai di arena Online. Namun, gelombang larangan yang dikeluarkan akhir pekan kemarin berskala lebih besar dari biasanya, dan efeknya berimbas ke ribuan gamers GTA Online.

gta online ban

Sementara itu, banyak yang berspekulasi bahwa Rockstar, studio penggarap GTA, mengeluarkan larangan ini bagi siapa saja yang memiliki modifikasi pada file GTA mereka, terlepas dari modifikasi itu memiliki efek pada aspek Online GTA atau tidak. Update terbaru GTA yang keluar akhir pekan kemarin memiliki beberapa fitur dan perbaikan.

Salah satu perbaikan yang dilakukan adalah memasukkan kode untuk mencegah penggandaan mobil yang kadang dilakukan oleh hackers di GTA Online. Karenanya, banyak gamers yang percaya bahwa sistem anti-cheat yang datang dengan update baru inilah yang mengakibatkan gelombang larangan besar-besaran ini.

Masalah ini nampaknya hanya memiliki efek bagi mereka yang bermain di PC, karena hanya versi PC yang memungkinkan gamers untuk menjalankan modifikasi yang bisa dianggap curang dalam ruang lingkup GTA Online. Sampai saat ini, Rockstar sendiri belum berkomentar apapun terkait dengan isu larangan ini.

Artikel Terkait: