Menolak Tua : Inilah Daftar 4 Aplikasi Kece Untuk Windows 7 Gratis Terbaik 2018


Share

Meski usianya menginjak tahun ke-delapan, Windows 7 masih tetap menjadi sistem operasi desktop paling populer kedua di dunia setelah windows 10. Windows 7 adalah sistem operasi yang hingga saat ini masih didukung oleh Microsoft dan menerima pembaruan keamanan secara teratur (tidak seperti Windows Vista). Sistem operasi ini juga tidak akan mengganggu pengguna dengan berbagai pop-up seperti Windows 10, lebih terbuka daripada macOS, dan lebih mudah bagi pemula untuk menguasainya daripada Linux.

Berikut ini adalah daftar 4 aplikasi yang bakal membuat Windows 7 kalian lebih segar dan tentu tidak ngebosenin, seperti dikutip dari laman techradar.com.

  1. MusicBee
Tampilan antarmuka MusicBee

Tampilan antarmuka MusicBee

Jika kalian masih menggunakan Windows Media Center untuk memutar musik di Windows 7, kalian tentu termasuk orang yang ketinggalan update. MusicBee dirancang untuk mengatur lagu sesuai keinginan kalian, menambahkan metadata yang akurat, dan memberi kalian kualitas suara terbaik yang dapat diberikan oleh PC kalian. Fitur ini tergantung apakah kalian memiliki soundcard high-end atau tidak. MusicBee mendukung setiap format file musik yang dapat kalian namai tanpa perlu mengunduh codec tambahan lagi, serta layanan streaming dan radio online.

  1. Shotcut
Antarmuka Shoutcut

Antarmuka Shoutcut

Windows Movie Maker adalah editor video yang luar biasa saat pertama kali dirilis, tetapi tampilan antarmuka yang aneh membuatnya terlihat sangat kuno sekarang. Setelah bertahun-tahun menggunakan aplikasi bawaan Windows 7 ini, sudah waktunya bagi kalian untuk mengucapkan selamat tinggal dan beralih menggunakan Shotcut sebagai gantinya.

Shotcut bukanlah editor video gratis yang terbaik dalam kelasnya (aplikasi Lightworks masih jauh memiliki banyak fitur), tetapi kalian tidak akan direpotkan dengan buku manual yang harus kalian pelajari sebelumnya. Simpel tetapi menjanjikan hasil profesional. Shotcut juga menyediakan fitur-fitur bagi kalian untuk bereksperimen.

  1. LibreOffice
Lembar kerja LibreOffice

Lembar kerja LibreOffice

Microsoft Office bukanlah satu-satunya pilihan kalian saat kalian membutuhkan aplikasi perkantoran. LibreOffice adalah kumpulan aplikasi perkantoran gratis yang hampir sempurna mengadaptasi semua fitur Word, Excel, PowerPoint dan lainnya.

Seperti aplikasi lainnya dalam daftar ini, LibreOffice adalah open source, yang berarti memungkinkan setiap orang dengan keterampilan dan waktu bisa bebas mengembangkan plugin mereka sendiri untuk sesama pengguna. Aplikasi ini juga memiliki tim pengembang yang sangat besar yang terus memperbaruinya dengan fitur-fitur baru dan bug segera setelah diidentifikasi.

  1. Audacity
Audacity

Audacity 

Jika kalian melihat-lihat di bagian Aksesoris pada Start Menu Windows 7, kalian akan menemukan aplikasi Sound Recorder. Aplikasi ini bekerja dengan cara mengambil input suara dari mikrofon dan menyimpannya dalam format WAV.

Jika kalian ingin merekam musik, atau mengedit file suara yang ada, maka kalian memerlukan sesuatu yang jauh lebih kuat. Audacity memiliki segalanya.

Editor audio open source ini memungkinkan kalian merekam dalam stereo, menghilangkan noise, menerapkan berbagai efek, memotong dan menggabungkan file, menghapus vokal dari lagu dan banyak lagi. Seperti GIMP dan VLC Media Player, Audacity juga mendukung plugin sehingga kalian dapat menyesuaikannya agar sesuai dengan kebutuhan kalian.

Artikel Terkait: