Microsoft Launching Laptop Surface Pro LTE


Share

Microsoft akhirnya mengumumkan masa pre-order kepada publik untuk salah satu produk dalam jajaran lini Surface, yaitu Surface Pro dengan konektivitas LTE. Dibanderol dengan kisaran harga 15 juta-an, laptop ini seharusnya memiliki kelebihan khusus yang bisa disandingkan dengan pesaing sekelasnya. Hadirnya fitur LTE rupanya menjadi senjata utama Microsoft dalam memasarkan produk ini. Lalu, bagaimana para ahli menanggapi hadirnya Surface Pro LTE ini? Berikut adalah tanggapan para ahli dari berbagai media tekno, seperti dikutip dari laman laptopmag.com.

The Verge

Dan Seifert dari The Verge mengatakan bahwa laptop ini memberinya “kebebasan” setelah dia tidak perlu khawatir lagi soal tidak adanya konektivitas. Dia merasa tidak harus repot-repot lagi untuk menyalakan hotspot atau berurusan dengan pengaturan manual Wi-Fi lainnya. Namun disisi lain, Dan menambahkan, dia tidak bisa mengalihkan pandangannya dari statistik pemakaian data. Konsekuensi akan hadirnya fitur LTE membuat dia harus membayar banyak tagihan ke provider meski hanya memakai koneksi untuk kebutuhan dasar saja. Dan menyarankan untuk memakai unlimited data plan jika memang benar ingin merasakan keunggulan fitur LTE ini.

Surface Pro LTE lengkap dengan keyboard dan pen

Surface Pro LTE lengkap dengan keyboard dan pen 

Windows Central

Dari Windows Central, Daniel Rubino menyatakan bahwa laptop ini sangat cocok bagi orang-orang kalangan bisnis yang yang mempunyai mobilitas tinggi. Dia juga memaparkan tentang mudahnya memasukkan kartu SIM bahkan tanpa mematikan laptop. SIM akan langsung terdeteksi bahkan tanpa adanya data plan sekalipun. Namun Daniel menyayangkan soal betapa mubazir-nya spesifikasi yang diusung oleh laptop ini. Sebagai informasi, Surface Pro LTE tersedia dengan versi 4GB, 8GB, 16GB RAM dengan penyimpanan sebesar 128GB dan 256GB. Baginya, jika untuk keperluan light-computing saja maka 4GB RAM dirasa sangat cukup.

CNET

Dan Ackerman lebih tertarik mengomentari soal tidak adanya keyboard dalam laptop ini. Dia menyayangkan jika harus mengeluarkan uang lagi untuk membeli keyboard dan pen yang dijual terpisah. Tapi itu tertolong oleh daya tahan baterainya yang mencapai 8 jam dengan pemakaian normal. Kondisi baterai tetap stabil meski jaringan yang digunakan adalah LTE ataupun Wi-Fi. Dan mengetes laptop ini dengan melakukan streaming menggunakan LTE dan Wi-Fi. Hasilnya, baterai dapat bertahan hingga 8 jam 40 menit saat menggunakan LTE dan 8 jam 47 menit menggunakan Wi-Fi.

Itulah beberapa review dari para ahli untuk Surface Pro LTE. Mungkin laptop ini akan sangat cocok bagi kalian yang mempunyai kesibukan tinggi dan membutuhkan laptop simpel dengan desain elegan namun juga powerful. 

Artikel Terkait: