Microsoft Tidak Sengaja Mengirimkan Update Ke Pengguna Yang Menundanya


Share

Windows Update adalah cara dari Microsoft untuk penggunanya agar Windows selalu terbarui dan pengguna tetap aman, namun terkadang ada hal yang membuat langkah dari Microsoft terlihat agresif, seperti memaksa pengguna Windows lawas untuk upgrade ke Windows 10. Kali ini Microsoft melakukan langkah tidak sengaja yang mewajibkan pengguna untuk tetap upgrade ke update ke versi 1709, jika mereka berada di versi 1703 sebelumnya.

Banyak pengguna yang protes dengan langkah yang diambil oleh Microsoft pada Windows 10 ini berkaitan dengan pembatasan kontrol pengguna untuk update, Microsoft kemudian membolehkan pengguna untuk menangguhkan update jika mereka mau. Namun setelah langkah ketidaksengajaan tersebut terjadi, maka sudah diketahui bahwa Microsoft diam-diam masih memaksa penggunanya untuk update.

Pada informasi yang disampaikan Microsoft dan dikutip oleh MS Power User, Microsoft menjelaskan sebagai berikut:

Jika Anda menggunakan Windows 10 versi 1507, 1511, 1607, atau 1703, mungkin Anda mendapat notifikasi dimana Anda wajib memiliki  security update terbaru. Windows 10 versi 1607 dan 1703 belum memasuki masa akhir pakainya, tetapi pengguna sebaiknya tetap update agar terlindungi dari ancaman keamanan yang ada.

Wajar sebenarnya jika Microsoft meminta pengguna melakukan update berkala namun di beberapa pengguna, update paksa terkadang bisa membuat bug baru atau bahkan memberi masalah baru pada Windows mereka, sehingga mereka lebih memilih menunda update.

Microsoft sendiri menyadari kesalahan ini dan memperbaikinya per tanggal 8 Maret 2018. Microsoft sendiri sudah ditunggu kehadirannya untuk merilis Windows 10 Spring Creators Update dimana versi ini memiliki nomor 1803 dan diperkirakan muncul lebih cepat dari jadwal. Kita tunggu saja apa saja fitur-fitur baru yang dihadirkan Microsoft pada update yang bisa dikatakan update besar-besaran kali ini.

Artikel Terkait: