Samsung Galaxy S9 VS Iphone X : Pertarungan Flagship Bergengsi


Share

Samsung Galaxy S9 untuk saat ini menjadi satu-satunya lawan yang bisa menandingi euforia dan hingar bingar momen peluncuran Iphone X beberapa waktu lalu. Keduanya terbukti menjadi smartphone paling ditunggu sampai saat ini. Dan sekarang, saat keduanya sudah melenggang dipasar global, membandingkan keduanya akan menjadi hal yang menarik.

Harga

Iphone X dipatok dengan harga yang relatif tinggi saat peluncurannya. Apple memberikan harga sekitaran 17 juta rupiah untuk meminang Iphone X. Berbeda dengan Samsung, seri Galaxy S9 hanya dipatok seharga 12 juta saat memasuki masa pre-order. Bagaimanapun, keduanya datang sebagai smartphone premium bagi generasi sebelumnya.

Ukuran Layar

Samsung terlihat tidak terlalu banyak melakukan perubahan dengan masih memakai layar ukuran 5,8 inci. Layar ini sama seperti yang digunakan pada seri sebelumnya, S8. Ukuran layar yang sama juga digunakan Iphone X, yaitu 5,8 inci. Sedangkan dua saudaranya, Iphone 8 dan Iphone 8 Plus hanya memiliki bentang layar seluas 4,7 dan 5,5 inci. Layar edge-to-edge yang diusung Iphone X telah menjadi hantaman telak bagi Samsung. Tapi banyak kritikus mengatakan soal ‘notch’ dilayar depan iphone X adalah suatu kesalahan.

Model rambut pria dalam salah satu iklan Samsung yang menyinggung soal 'Notch' dilayar Iphone X

Model rambut pria dalam salah satu iklan Samsung yang menyinggung soal ‘Notch’ dilayar Iphone X 

Pembukaan Kunci Layar

Terlahir sebagai ponsel yang menawan, Samsung memutuskan untuk meletakkan fingerprint dibagian belakang S9 yang membuat pengguna harus berulang kali meraba lensa kamera saat ingin mengaktifkan ponselnya. Sedangkan dalam Iphone X, fitur fingerprint telah seutuhnya dihilangkan. Iphone X lebih memilih memperkenalkan fitur baru untuk mengaktifkan layar dengan menggunakan face-recognition. Tidak mau kalah dari rivalnya, Samsung S9 juga menyediakan fitur pengenalan wajah untuk mengaktifkan perangkat sebagai pilihan lain jika fingerprint dirasa kurang efektif. Beberapa peneliti menemukan bahwa fitur pengenalan wajah Iphone X bekerja lebih maksimal dibandingkan dengan Samsung S9. Face-recognition milik Samsung S9 tidak bekerja saat diuji-cobakan dengan Samsung Pay.

Fitur AR (Augmented Reality)

Iphone X dan Samsung Galaxy S9 sama-sama memperkenalkan kemampuan augmented reality yang digunakan untuk mengubah objek disekitar kalian menjadi digital. Lebih khusus, kemampuan ini disematkan untuk mendukung fitur AR emoji pada Samsung S9 dan fitur Animoji pada Iphone X. Fitur ini akan mengubah wajah kalian menjadi emoji digital yang bisa disesuaikan dengan emosi kalian. Hasilnya adalah stiker-stiker keren yang bisa digunakan untuk berbalas pesan.

AR Emoji pada Samsung Galaxy S9 dan Animoji pada iphone X

AR Emoji pada Samsung Galaxy S9 dan Animoji pada iphone X

Itulah beberapa perbandingan antara Samsung Galaxy S9 dan Apple Iphone X. Keduanya identik dengan membawa ciri khas masing-masing juga dengan sistem operasinya masing-masing. Semuanya akan kembali pada anda selaku pengguna dari perngakat-perangkat indah nan canggih ini.

Artikel Terkait: