Semua Yang Harus Kalian Ketahui Tentang 5G


Share

Bayangkan jika kalian saat ini bisa menikmati film dengan kualitas 4K tanpa takut menunggu lama untuk mengunduh. Mencari konten-konten dengan ukuran besar seperti games, software, dan lain-lainnya bukan lagi menjadi masalah saat pemerataan jaringan 5G sudah menggantikan 4G LTE yang sudah meluncur sebelumnya. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu kalian ketahui tentang 5G, jaringan yang diprediksi bakal membuat loncatan besar dalam dunia telekomunikasi.

Apa itu 5G?

5G adalah evolusi jaringan tanpa kabel (wireless) di masa mendatang yang akan menggantikan 4G LTE. Seperti sudah diketahui, 4G LTE sekarang sudah jamak digunakan pada perangkat-perangkat mobile di dunia. Pembaruan jaringan menjadi 5G nantinya bukan hanya merambah dunia mobile saja. Industri internet rumahan (home internet) akan menjadi fokus utama dalam peningkatan jaringan 5G ini.

Seberapa cepat jaringan 5G ini?

Pada ajang MWC (Mobile World Congress) tahun ini, Samsung menunjukkan sebuah home router yang bisa menghadirkan sinyal setara 5G. Perangkat ini diklaim memiliki kecepatan maksimal mencapai 4 Giga-Bits-Per-Second (Gbps), seperti yang dikutip dari laman PCMag. Kecepatan rata-rata yang berhasil dicapai oleh router ini berada pada kisaran 500 Mbps. Dengan kata lain, kalian bisa mengunduh sebuah game dengan ukuran 50GB dalam waktu kurang dari 2 menit. Kalian juga bisa mengunduh sebuah film dengan kualitas 4K dan besar 100GB dalam waktu kurang dari 4 menit.

Samsung saat memperkenalkan home router 5G diajang MWC

Samsung saat memperkenalkan home router 5G diajang MWC

Untuk memberikan perbandingan, kecepatan internet rata-rata maksimal di Amerika Serikat adalah 55Mbps. Sayangnya, hanya 6.5Mbps yang kemudian bisa dinikmati oleh masyarakat. Bagaimanapun, saat diuji cobakan, home router ini berada pada skenario yang sempurna. Samsung membuat router ini berada langsung di sebelah radio pemancar sinyal 5G. Pengujian lapangan dengan adanya berbagai halangan belum pernah dilakukan.

Apakah kita bisa mendapatkan kecepatan maksimal?

Dengan skenario yang diperagakan oleh Samsung, kita tidak bisa berharap banyak dengan memiliki kecepatan transfer mencapai 4Gbps. Mungkin jika saja hanya 50% dari kecepatan maksimal, atau bahkan 25% saja (1Gbps), dunia tetap menjadi lebih cepat dalam jaringan. Kecepatan dalam satuan Gbps nantinya akan menjadi hal yang lumrah.

Kecepatan internet dalam satuan Gbps bukanlah hal baru sebenarnya. Di Amerika, beberapa ISP (Internet Service Provider) sudah menyediakan layanan ini. Namun kendala pembiayaan yang mahal dan sulitnya membangun infrastruktur (karena harus menggali jalan-jalan dan menanam kabel optik ratusan mil) membuat 5G belum bisa dinikmati masyarakat luas.

Lalu bagaimana dengan inovasi 5G kali ini?

Kabar baiknya, Samsung mendemonstrasikan sinyal 5G bisa diakses menggunakan media udara. Jika terealisasi, para penyedia layanan internet tidak perlu lagi membangun infrastruktur dengan biaya besar untuk menyalurkan kecepatan super ini.

Itulah beberapa hal yang harus kalian ketahui tentang 5G yang diperagakan oleh Samsung pada MWC tahun ini. Mungkin pemerataan 4G akan menjadi misi utama Indonesia terlebih dahulu sebelum akhirnya 5G bisa merata dan dinikmati masyarakat luas nantinya.

Artikel Terkait: