Stephen Hawking Mengingatkan Bahayanya Kecerdasan Buatan


Share

Dunia baru berkabung dengan kepergian salah satu ilmuwan terbaiknya di bidang fisika yaitu Stephen Hawking. Profesor Hawking dikenal dengan bukunya “A Brief History of Time” dan juga memiliki banyak pengetahuan mengenai sains dan teknologi. Salah satu hal berkaitan teknologi yang pernah dibahas Hawking adalah bagaimana dirinya mengingatkan masyarakat dunia akan bahayanya kecerdasan buatan yang bisa mengancam umat manusia di masa depan, sebagaimana dikutip Livemint.

Artificial Intelligence

Untuk yang belum tahu apa yang diderita Hawking, Hawking menderita apa yang disebut Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) atau yang lebih dikenal sebagai penyakit Lou Gehrig sejak berumur 20 tahun. Stephen Hawking memiliki perkiraan umur sekitar dua tahun lagi sejak didiagnosis pertama kali, namun Hawking tetap bertahan hingga wafatnya dia tahun ini dan tutup usia di 76 tahun dan memberi kontribusi besar di dunia sains.

Hawking memiliki perhatian khusus kepada isu iklim, kecerdasan buatan, populasi membengkak, dan serangan alien. Hawking mengatakan kepada BBC pada tahun 2014, bahwa perkembangan kecerdasan buatan bisa berarti akhir untuk manusia. Hawking juga menambahkan bahwa kecerdasan buatan bisa mencapai level dimana mereka melampaui manusia. “Saya takut bahwa kecerdasan buatan mampu mengganti manusia sepenuhnya. Kecerdasan buatan mampu menggandakan dirinya, dan ini menjadi bentuk kehidupan yang baru”, dikutip oleh majalah WIRED.

Hawking menjelaskan, sebenarnya bahwa bentuk kecerdasan buatan yang masih sederhana sangat berguna untuk manusia, dia hanya takut akan akibat dari sesuatu yang bisa menjadi semakin pintar sendiri dan melewati manusia. Hawking percaya bahwa manusia kurang bisa bertahan sebagai sebuah satu spesies di tengah banyaknya tantangan, karena lambatnya evolusi tubuh manusia.

Maka dari itu perkembangan kecerdasan buatan yang sangat cepat di masa ini membuat Hawking sendiri khawatir, dan bahkan tidak hanya dia saja, melainkan tokoh teknologi lain yaitu Elon Musk, yang juga percaya bahwa kecerdasan buatan memiliki ancaman terhadap manusia. Apakah kamu juga memiliki ketakutan sama dengan mereka?

Artikel Terkait: