Tindakan Seorang Gamer Mengubah Transaksi Mikro Warframe


Share

Microtransaction (transaksi mikro) dimana sebuah objek atau benda kosmetik didalam game dijual untuk uang sungguhan, telah menjadi topik yang kontroversial di kalangan gamers selama beberapa tahun terakhir. Apalagi setelah Star Wars Battlefront 2 menjadi sorotan akibat gamers merasa transaksi mikro di game tersebut terlampau serakah.

Sampai saat ini, developer industri game selalu berusaha mencari cara untuk meningkatkan pendapatan mereka. Namun yang terjadi belakangan ini malah sebaliknya: Developer game Warframe menghilangkan salah satu fitur transaksi mikro mereka karena ternyata dianggap terlalu sukses. Aneh bukan? Studio lain akan menganggap ini sebagai keuntungan besar, tapi ternyata tim Warframe memiliki pandangan yang berbeda. Seorang gamer yang menghabiskan terlalu banyak uang di Warframe telah mengubah filosofi kru developer Warframe selamanya.

warframe

Manager Extreme Studios, Sheldon Carter menjelaskan hasil mengejutkan yang terjadi setelah mereka memasukkan sistem transaksi mikro untuk Kubrow (seekor hewan peliharaan in-game). Dengan membayar USD 0.67, atau sedikit dibawah IDR 10.000, gamers dapat mendapatkan pola warna dan corak baru untuk Kubrow peliharaan mereka. Corak dan pola yang didapat adalah random (acak, tidak bisa ditentukan). Studio Digital Extremes memasukkan aspek ini ke dalam game Warframe, hingga seorang gamer menghabiskan lebih dari USD 100, atau lebih dari 1 juta Rupiah dengan begitu saja.

Saat Carter dan kru Digital Extremes melihat hal itu, mereka baru sadar bahwa pada dasarnya, mereka telah menciptakan sebuah mesin judi. Mesin judi yang dapat merugikan para individu yang tidak bisa mengendalikan diri. Studio lain akan menganggap ini adalah keuntungan besar bagi mereka, tapi beda halnya dengan Digital Extremes.

warframe

Sheldon dan kawan-kawan berpikir bahwa hal ini dapat membahayakan para gamers dan menumbuhkan sifat yang kurang sehat dalam diri mereka. Jadi, tidak lama kemudian Digital Extremes akhirnya memutuskan untuk mencabut fitur transaksi mikro tersebut dari Warframe.

Meskipun saat ini Warframe masih memiliki transaksi mikro, namun game ini mendapatkan pujian karena dianggap mampu menjaga permainan tetap seimbang. Lingkungan game Warframe tidak memiliki filosofi ‘pay to win’ (bayar untuk menang) dimana siapa yang membayar paling banyak pasti menang. Warframe masih memiliki aspek online yang cukup seimbang bagi mereka yang membayar maupun tidak. Sekarang setelah 5 tahun game ini berjalan, Warframe masih mendapatkan update secara rutin dan berkala dari para developernya, dan memiliki komunitas gamers yang setia.

Saat ini Warframe hadir di PC, PS4, dan Xbox One.

Artikel Terkait: