Tipe Jaringan Komputer, Pelajari Info Lengkapnya Disini

Tipe Jaringan Komputer

Share

Pengertian sederhana dari jaringan komputer atau biasa yang disebut dengan jaringan networking adalah dua komputer yang saling terhubung dengan tujuan seperti share file, software (aplikasi) atau bisa juga saling terhubung antar komputer dengan perangkat lain, misalnya printer. Secara garis besar, tipe jaringan komputer dapat dibagi menjadi 2. Berikut penjelasan lebih detail-nya :

Tipe Jaringan Komputer yang Pertama yaitu Peer to Peer

Sudah ada yang tau artinya? Kalau kalian mengunjungi website ini pasti belum mengerti kan ? well, yang dimaksud dengan tipe jaringan komputer peer to peer ini yaitu 2 atau lebih dari komputer yang terhubung dapat saling berbagi. Saling disini yang dimaksud yaitu semua komputer yang terhubung dapat sebagai server maupun client, sehingga bisa saling berbagi gitu. Berbagi apa nih? Ya, yang pasti buka bagi-bagi duit, yang dimaksud berbagi dalam artian berbagi seperti file, aplikasi dan segala keperluan mengenai sharing antar komputer.

Kelebihan Tipe Jaringan Peer To Peer

  • Semua perangkat komputer yang terhubung bisa saling bertukar file, aplikasi dll tanpa mengandalkan server.
  • Biaya operasional lebih murah. Hal itu disebabkan karena tipe jaringan peer to peer tidak memerlukan spesifikasi khusus pada server utama seperti yang ada pada client server.
  • Kegiatan operasional tidak tergantung pada server, karena semua komputer bisa saling berbagi dan menerima file, app,dll.

Kekurangan Tipe Jaringan Peer to Peer

  • Jika menemui kerusakan pada komputer, maka untuk pembenahannya akan lebih suit karena hal tersebut akan lebih sulit untuk dideteksi, komputer manakah yang mengalami gangguan dikarenakan semua komputer dapat menjadi server.
  • Jaringan peer to peer ini tidak memiliki server utama sebagai penyimpanan data.

Tipe jaringan komputer dan topologinya

Tipe Jaringan Komputer yang Kedua yaitu Client Server

Pengertian tipe jaringan komputer client server ini yaitu memiliki server utama dan yang lain akan menjadi client sebagai penerima file sharing. Berbeda dengan peer to peer maka tipe jaringan ini memiliki server utama dan yang lain akan menjadi client-nya.

Kelebihan Tipe Jaringan Client-Server

  • Aktifitas komputer akan lebih cepat dan baik. Hal itu dikarenakan adanya server utama dalam sebuah jaringan.
  • Sistem back up data lebih baik karena dilakukan oleh server utama yang terpusat, sehingga akan lebih mudah jika menginginkan backup data jika terjadi trouble.
  • Keamanan sistem jaringan yang baik, hal tersebut tentu benar adanya karena jaringan ini memiliki sistem server utama dan yang lain hanyalah client sebagai penerima saja.

Kekurangan Tipe jaringan client-server

  • Biaya operasional yang mahal
  • Komputer server memerlukan spesifikasi yang baik seperti processor yang cepat atau juga seperti memory yang besar.
  • Hanya mengandalkan server. Jika terdapat troubleshoot maka komputer yang lain juga akan mengalaminya.

Artikel Terkait: