3 Hal Tentang Pengaturan Privasi Terbaru Windows 10


Share

Dengan pembaruan Spring Creators pada Windows 10 yang memiliki harga penjualan ritel di Amazon sebesar $ 92,99 Amerika Serikat, Microsoft memberikanmu kendali yang lebih besar terhadap data dan akunmu. Setelah mengenal fitur-fitur terbaru seperti Timeline dan berbagi file dengan device di sekitarmu serta aplikasi pengaturan yang lebih besar dan lebih baik, kamu perlu membiasakan diri dengan tiga jenis pengaturan privasi baru ini.

General Privacy Windows 10

Hapus Informasi yang Dikumpulkan oleh Microsoft Tentang Dirimu

Microsoft menjadi lebih transparan perihal informasi yang dikumpulkannya darimu dengan aplikasi Diagnostic Data Viewer miliknya dan itu mempermudah kita menghapus informasi tersebut dengan cara penambahkan tombol “Delete” yang cukup besar ke dalam aplikasi pengaturan. Buka Settings > Privacy > Diagnostics & feedback dan kamu dapat memilih untuk berbagi informasi pada tingkat dasar atau penuh. Di bawah ini, kamu akan menemukan tombol “Delete” yang akan menghilangkan semua data diagnostik yang dikumpulkan Microsoft dari komputer pribadimu.

App Permissions Windows 10

Tepat di atas tombol “Delete” terdapat area yang berjudul “Diagnostic Data Viewer”. Pastikan tombol switch berada pada posisi “On” atau menyala, lalu klik tombol “Diagnostic Data Viewer”.; Kamu perlu membuka Microsoft Store untuk menginstal aplikasi “Diagnostic Data Viewer”. Jalankan aplikasi dan kamu akan melihat informasi apa saja yang telah dikumpulkan oleh Microsoft darimu. Penjelasan ini memang terlihat tidak sederhana namun semuanya ada di aplikasi tersebut jika kamu ingin menyaring informasi apa saja yang dapat diperoleh oleh Microsoft.

Pemulihan Kata Sandi untuk Akun Lokal

Dahulu, jika kamu memilih untuk mengakses komputer pribadimu tidak dengan menggunakan akun Microsoft melainkan dengan akun administrator lokal, kamu sebaiknya tidak melupakan kata sandinya karena “Local” berarti hanya kamu sendiri yang tahu. Microsoft hanya menawarkan bantuan pemulihan kata sandi untuk akun Microsoft. Dengan pembaruan Spring Creators, kamu dapat mengatur tiga pertanyaan keamanan untuk akun lokal, yang dapat digunakan ketika kamu lupa akan kata sandi yang telah kamu atur sebelumnya

Diagnostics & feedback Windows 10

(sumber: cnet.com)

Artikel Terkait: