Bandingan Sony Xperia Z1 dengan pendahulunya


Share

Di awal tahun 2013, Sony bermain dalam industri ponsel Android melalui produk Xperia Z. Namun tidak sampai disitu saja, sampai akhirnya Sony juga mengeluarkan penerusnya yakni Xperia Z1. Mungkin tidak banyak yang tahu mengenai perbedaan antara Xperia Z dan Xperia Z1 ini. Selain dari segi fitur, sebenarnya Sony menambahkan beberapa hal yang lebih canggih lagi seperti kamera 20,7 piksel yang disematkan pada Xperia Z1 ini. Lalu perbedaan apa lagi ya?

Sekilas, desain dari kedua smartphone ini adalah mirip namun berbeda. Perbedaan yang bisa kalian lihat adalah bagian rangka atau tulang dimana Z1 menggunakan bahan alumunium, sedangkan Xperia Z menggunakan bahan plastik yang ditutupi kaca. Jelas tampak berbeda ya , Xperia Z1 tentu akan tampak lebih kokoh.

xperia z1

Kedua smartphone ini sudah tahan air dan debu, namun pada saat Xperia Z diluncukan, Sony masih menutup rapat port – port yang ada pada ponselnya termasuk port audio 3,4mm dengan tujuan untuk melindungi bagian tersebut dari air. Sedangkan pada Xperia Z1, Sony sudah tidak menutup bagian port 3,5 mm. Tapi tetap tahan air walau di bagian port MicroSIM dan MicroUSB masih ditutup rapat.

Sama – sama mengusung bentang layar 5 inci dengan Full HD 1080 piksel dengan tingkat kerapatan 441 piksel per inch. Kerennya lagi, selain memilki jenis panel layar Triluminos yang didukung oleh teknologi X-Reality for Mobile dimana dapat mempertajam gambar pada foto maupun video juga menghasilkan gambar dengan warna yang sangat kaya.

Xperia Z1 berjalan dalam system operasi Android 4.2.2 Jelly Bean. Ditopang oleh prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon MSM8974 Snapdragon 800 berkecepatan 2,2 GHz dan RAM 2 GB. Untuk masalah baterai, Xperia Z1 memiliki kapasitas yang sama dengan pendahulunya yakni 3000 mAh.

Detail mengenai kamera yang dimiliki Xperia Z1, terdapat sensor Exmor RS 1/2.3 inci, salah satu yang terbesar di jajaran kamera ponsel. Resolusinya sebesar 20,7 megapiksel, dilengkapi dengan lensa buatan Sony, G Lens f/2.0 dan chip proses gambar BIONZ. Kurang puas dengan hal tersebut, Sony juga menambahkan fitur AR effect, Timeshift, Social Live, dan lainnya.

Artikel Terkait: