Cara Mematikan Komputer Sesuai Prosedur, Yuk Hindari Kerusakan!

Cara Mematikan Komputer Sesuai Prosedur, Yuk Hindari Kerusakan!

Share

Komputer adalah alat yang bisa digunakan untuk memudahkan pengelolaan data dengan lebih mudah dan praktis. Selain itu komputer merupakan alat yang bisa digunakan untuk bekerja. Komputer juga bisa untuk search online, bermain game, maupun media pembelajaran. Pada awal mulanya komputer berukuran sangat besar. Komputer pertama kali diciptakan dengan tujuan untuk memudahkan dalam melakukan sebuah perhitungan. Tapi seiring perkembangan zaman, fungsi komputer menjadi berubah. Komputer merupakan sebuah alat elektronik serbaguna yang bisa dipakai untuk melakukan berbagai hal. Seiring berkembangnya teknologi, bentuk komputer jadi lebih kecil. Personal komputer zaman sekarang biasanya terdiri dari CPU dan monitor yang berukuran slim, tidak lupa dengan mouse serta keyboard. Tidak hanya itu, sekarang juga ada komputer portable yang cpu, monitor, keyboard, dan mouse nya menyatu. Ukurannya lebih kecil, benda tersebut adalah laptop. Dengan menggunakan laptop, kalian bisa leluasa memakai pc dimanapun dan kapanpun. Pada pembahasan kali ini akan dibahas mengenai cara mematikan komputer sesuai prosedur. Hal ini terdengar sepele, tapi banyak sekali pengguna komputer yang tidak melakukan hal tersebut.

Mematikan komputer secara sembarangan bisa menyebabkan kerusakan pada bagian hardware. Disamping itu tidak baik jika mematikan komputer, langsung dengan memutuskan jaringan listrik. Karena hal ini bisa membuat terjadinya kerusakan pada beberapa program komputer. Nah berikut akan dibagikan cara mematikan komputer sesuai dengan prosedur, check this out

  1. Mematikan komputer menggunakan mouse
  • Tutup semua program yang sedang digunakan.
  • Pilih menu start yang ada pada taksbar. Dibagian pojok kiri bawah.
  • Lalu pilih menu turn off. Pada menu tersebut terdapat beberapa pilihan, yaitu turn off berfungsi mematikan komputer secara permanen (shut down). Lalu, restart berfungsi untuk mematikan komputer sebentar, lalu menyala lagi secara otomatis Lalu stand by berfungsi mengistirahatkan komputer secara sementara. Dan terakhir Hibernite berfungsi untuk mengistirahatkan komputer, tapi ketika komputer di hidupkan kembali. Semua program yang kalian jalankan terakhir akan tetap ada secara otomatis.
  • Untuk mematikan komputer, kalian pilih menu turn off.
  • Tunggu hingga cpu benar-benar mati.
  • Terakhir, tinggal matikan tombol monitor.
  1. Mematikan komputer menggunakan keyboard
  • Pertama tekan tombol F4 pada keyboard sehingga di dekstop akan muncul kotak Turn Off Komputer.
  • Lalu tekan tombol huruf U pada keyboard.
  • Selanjutnya, tunggu hingga CPU mati dengan sepenuhnya.
  • Tahap terakhir, matikan monitor dengan menekan tombol power yang ada di monitor.

Mudah sekaki bukan? Nah mulai sekarang pastikan untuk melakukan cara mematikan komputer sesuai prosedur ya. Hal ini untuk kebaikan dari komputer kalian sendiri. Dengan begitu komputer menjadi lebih awet dan tahan lama, dan yang pasti gak mudah mengalami kerusakan pada hardware nya.

Artikel Terkait: