Dell G Series : Laptop Gaming Alternative Alienware


Share

Selasa kemarin, Dell mengumumkan beberapa produk terbarunya dari jajaran laptop G series. Dell mengatakan bahwa laptop seri G ini akan menjawab kebutuhan gamer, mulai dari game ringan sampai game yang lebih berat. Jajaran laptop seri G ini muncul setelah Dell mengetahui tidak semua orang bisa membeli produk high-end mereka seperti Alienware 15 dan Alienware 17 (produk ini dijual oleh divisi Alienware dari Dell). Kedua produk yang juga diluncurkan selasa kemarin itu dibanderol dengan harga kisaran 22 juta rupiah.

Dengan harga yang bervariasi mulai dari 10 jutaan, jajaran produk Dell G3, G5, dan G7 tentu sangat jauh lebih terjangkau harganya. Meskipun demikian, fitur dari Dell G series ini tetap bisa diandalkan. Fitur-fitur itu antara lain termasuk beberapa CPU mobile quad-core dan hex-core terbaru Intel. Semua laptop seri G mulai dipasarkan pada hari Selasa, seperti dikutip dari pcworld.com.

Laptop seri G: Perbedaan desain dan harga

Jajaran laptop seri G dari Dell ini memiliki spesifikasi yang hampir mirip. Dell membuat seri ini sangat berbeda dalam hal desain dan harga. Kalian mungkin juga sudah mendengar perbedaan di laptop seri ini dengan seri sebelumnya dari sistem pendinginnya yang sedikit lebih rumit daripada laptop gaming high-end. Masalah manajemen panas ini juga mungkin akan mempengaruhi laptop seri G dari Dell ini.

G3 adalah seri terendah yang ditawarkan Dell, dengan pilihan laptop 15-inci dan 17-inci. Seri ini dibanderol pada kisaran 10 juta rupiah. G3 15 akan hadir dengan pilihan warna Licorice Black, Recon Blue, dan Alpine White. Seri ini juga akan menjadi yang paling tipis dari laptop seri G lainnya, hanya 22.7mm. Sedangkan G3 17 inci akan hadir di Licorice Black dan Recon Blue.

Laptop G5 15 akan hadir dengan pilihan warna Matte Black atau yang disebut Dell sebagai “Beijing Red”, dengan ventilasi besar di belakang. Seri Ini sedikit lebih tebal daripada G3, yaitu sekitar 25mm. Sedangkan harganya berada pada kisaran 12 juta rupiah.

Aksen chrome crossbars dan internal grillework

Terakhir, Laptop G7 15 akan hadir dengan pilihan warna Licorice Black atau Alpine White. G7 mempunyai ventilasi pembuangan yang disertai aksen chrome crossbars dan internal grillework yang memantulkan warna aksen dari setiap laptop. Seperti G5 15, tebal G7 sekitar 25mm. Harga awalnya adalah 13 juta rupiah.

Laptop seri G: Fitur dan spesifikasi

Seluruh laptop seri G akan menawarkan CPU generasi ke-8 terbaru dari Intel, termasuk Core i5-8300HQ dan Core i7-8750H enam inti. Laptop G7 17 kelas high-end juga akan menawarkan Core i9-8950HQ enam-inti yang lebih eksotis, chip overclock dengan kecepatan yang luar biasa.

Untuk RAM, semua laptop seri G akan dibekali kapasitas yang sama. Semua laptop G3 akan menawarkan memori 8GB dan 16GB, dengan maksimum 32GB. Penyimpanan akan berkisar dari 1TB, 5,400 rpm h7ybrid ke penyimpanan ganda dan opsi SSD (256GB dan 512GB).

Keyboard backlit pada Dell G Series

Laptop seri G juga akan mengusung pilihan grafis Nvidia yang sama. Pilihan dasarnya adalah GeForce GTX 1050, dengan pilihan upgrade ke GTX 1050 Ti, keduanya dengan RAM GDDR5 4GB. GTX 1060 dengan Max-Q akan menjadi pilihan paling mutakhir dalam seri ini. Teknologi Max-Q Nvidia telah muncul di banyak laptop dalam satu tahun terakhir. Teknologi ini memungkinkan kinerja yang solid di laptop yang lebih ramping dengan lebih sedikit daya baterai.

Semua laptop G series akan menawarkan display non-touch. Seri ini dilengkapi dengan panel IPS dasar dengan resolusi 1920×1080 (Full HD) sebagai layar untuk G3 15 dan G3 17. Sedangkan G5 15 dan G7 15 akan menawarkan opsi IPS 3840×2160 (Ultra HD). Keyboard standar termasuk tombol numerik akan disertakan. Sedangkan Keyboard backlit akan menjadi pilihan lain. Dalam segi konektivitas, ketiganya dibekali fitur yang sama. termasuk HDMI 2.0, dan SD, dan dua atau tiga port USB 3.1 Tipe A.Thunderbolt 3 dan USB-C akan menjadi standar pada semua seri G3.

Artikel Terkait: