Fungsi teknologi NFC yang sedang booming di kalangan pengguna gadget!


Share

Sebenarnya apa sih fungsi dari NFC ini? Memiliki kepanjangan Near-field communication, teknologi yang satu ini tengah popular di kalangan pengguna gadget akhir-akhir ini. Namun nampaknya masyarakat masih banyak yang belum mengetahui penggunaan dari teknologi ini apalagi secara maksimal. Sebagian dari kalian mungkin sudah tidak asing dengan aplikasi NFC yang juga sudah sering bermunculan di berbagai iklan atau promosi. Nah, jadi sebenarnya apa itu NFC?

NFC adalah fitur standar yang terdapat di beberapa smartphone. NFC memungkinkan smartphone dapat terkoneksi dengan mudah dengan perangkat lain yang kompatibel dengan NFC atau dapat melakukan pekerjaan dengan NFC tag (penghubung untuk memulai fitur dengan menggunakan NFC). Jadi disini, NFC tag telah di setting untuk membantu pengguna mengendalikan berbagai fungsi pada ponsel (seperti mengaktifkan bluetooth atau WiFi, menyesuaikan volume ringtone, pengaturan kecerahan layar, tanpa perlu menyalakan ponsel atau menyentuh tampilan menu, hingga untuk bertukar file) hanya dengan satu kali tap.

Awalnya NFC merupakan aplikasi umum untuk check in, dapat check-in dengan LBS (Location Based Service) hanya dengan men-tap NFC tag yang telah disisipkan di suatu tempat. Selain itu, NFC juga bisa kalian gunakan sebagai alat pembayaran yaitu NFC Payment. Walaupun fungsi NFC belum diterapkan sepenuhnya di Indonesia, namun cepat atau lambat kalian akan mengikuti perkembangannya. Sudah siapkah?

Artikel Terkait: